Sudin Kesehatan Jakut pastikan semua layanan pengungsi berfungsi baik

Sudin Kesehatan Jakut pastikan semua layanan pengungsi berfungsi baik

Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan warga di Posko Pengungsian di Jakarta Utara, Sabtu (8/2/2020). ANTARA/HO Humas Pemkot Jakut/am.

Posko belum didirikan mengingat jumlah pengungsi masih di bawah 100 orang
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara bersama petugas kesehatan tingkat Puskesmas memastikan layanan kesehatan untuk para pengungsi banjir berjalan baik.

Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati mengatakan, petugas Puskesmas baik tingkat kelurahan dan kecamatan menyisir sejumlah lokasi pengungsian. Mereka memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada warga yang mengalami gangguan kesehatan.

"Kami ingin memastikan warga terdampak genangan mendapatkan fasilitas kesehatan. Terutama bagi warga yang saat ini tinggal sementara di posko pengungsian," jelas Yudi dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Yudi menjelaskan Sudin Kesehatan belum menempatkan petugas untuk mendirikan pos kesehatan (Poskes) di lokasi pengungsian. Hal itu dikarenakan jumlah pengungsi masih di bawah 100 orang.

Tetapi Yudi memastikan pelayanan yang diberikan petugas maksimal. Bahkan sistem rujukan diberlakukan bagi warga yang tidak dapat ditangani petugas di lapangan.

Salah satunya, rujukan diberikan kepada seorang warga yang diindikasikan mengalami gangguan kesehatan saraf. Petugas merujuknya untuk segera ditangani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja.

"Kami juga memberikan PMT (Program Makanan Tambahan) bagi balita dan ibu hamil yang saat ini mengungsi," ujar Yudi.

Baca juga: Pengungsi korban banjir Pegangsaan Dua capai 122 warga

Baca juga: Semua kecamatan di Jakarta Utara terdampak banjir

Baca juga: Banjir di kawasan Kemang Jakarta Selatan berangsur surut


Posko banjir Jakarta mencatat intensitas hujan yang cukup tinggi pada Sabtu (8/2) dini hari menyebabkan enam kecamatan di Jakarta Utara terdampak banjir.

Genangan banjir itu tersebar di enam kecamatan, 10 kelurahan, 31 RW dan enam RT, dengan ketinggian air 10 - 45 sentimeter.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Apa saja yang disiapkan MRTJ dalam keadaan darurat?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar