Balap Sepeda

Nakane menangi etape enam TdL lewat foto finis

Nakane menangi etape enam TdL lewat foto finis

Hideto Nakane (kanan) dan Gleb Brusensky (kiri) bertarung sengit menjelang finis etape keenam Tour de Langkawi di Pulau Penang, Malaysia, Rabu (12/2/2020). (ANTARA/HO/Tour de Langkawi)

Penang (ANTARA) - Pebalap Jepang Hideto Nakane memerlukan foto finis untuk mengamankan kemenangannya atas Gleb Brusensky pada etape keenam Tour de Langkawi, Rabu.

Kemenangan di etape yang membentang sejauh 150,9 kilometer dari Taiping menuju Pulau Penang itu menjadi semakin istimewa bagi Nakane, karena itu merupakan kemenangan perdananya sebagai pebalap sepeda profesional.

Nakane dan Brusensky mencatatkan waktu finis yang sama yakni 3:29:15.

Nakane merupakan satu dari empat pebalap yang melakukan "break away" dari rombongan pebalap. Ketiga pebalap lainnya adalah Pierre Roland dari B&B Hotels Vital Concept, Samuele Battistella dari NTT Pro Cycling Team, dan Brusensky.

Battistella kemudian finis di urutan ketiga dengan terpaut empat detik. Sedangkan Rolland terkejar oleh "peloton" dan gagal finis di sepuluh besar.

"Saya sangat gembira karena ini merupakan kemenangan pertama sebagai profesional. Saya tidak mengharapkan menang pada hari ini karena menurut saya ini akan menjadi adu sprint," tutur Nakane.

"Saya merasa kondisi saya bagus pada sekitar tiga kilometer terakhir karena ada sedikit tanjakan dan saya memaksimalkan peluang saat pebalap Kazazhstan itu (Brusensky) mengejar," tambahnya.

Nakane merupakan anggota Aisan Racing Team sembilan tahun silam, saat pebalap sepeda Jepang Takeyaki Ayabe memenangi etape di TdL tahun itu. Sebelum kesuksesan Nakane, itu merupakan terakhir kalinya pebalap sepeda Jepang memenangi etape di TdL.

TdL etape ketujuh akan berlangsung pada Kamis. Etape itu akan dimulai di Bagan dan berakhir di Alor Setar, dengan panjang trek 130,4 kilometer.

Baca juga: Tidak ada perubahan pengguna kaus kuning setelah etape enam

Hasil etape keenam Tour de Langkawi 2020 (12/2/2020):

1. Hideto Nakane Nippo Delco Provence 3:29:15
2. Gleb Brusensky Vino-Astana Motors 3:29:15
3. Samuele Battistella NTT Pro Cycling Team 3:29:19
4. Quentin Pacher B&B Hotels Vital Concept 3:29:19
5. Carlos Quintero Terengganu Cycling Team 3:29:19
6. Alessandro Pessot Bardiani CSF Faziane 3:29:19
7. Pierpaolo Ficara Team Sapura Cycling 3:29:19
8. Drew Morey Terengganu Cycling Team 3:29:19
9. Ahmad Yoga Ilham Firdaus PGN Road Cycling Team 3:29:19
10. Francesco Manuel Bongiorno Vini Zabu KTM 3:29:19

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar