Menkes-WHO satu pesawat dampingi WNI peserta observasi Natuna

Menkes-WHO satu pesawat dampingi WNI peserta observasi Natuna

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjawab pers, usai mendarat bersama 100 WNI observasi Natuna, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/02/2020). (ANTARA/Andi Firdaus)

Saya baru saja mendarat bersama kloter pertama, mengangkut 100-an orang (WNI) dari Natuna
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berada dalam satu pesawat dengan Warga Negara Indonesia (WNI) yang diobservasi virus Corona saat perjalanan pulang dari Natuna menuju Jakarta, Sabtu sore.

"Saya baru saja mendarat bersama kloter pertama, mengangkut 100-an orang (WNI) dari Natuna," katanya dalam konferensi pers di Gedung Sasana Sanggala Praja Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Selain didampingi Menkes, WNI yang dipulangkan dari Wuhan Tiongkok itu juga didampingi perwakilan WHO perwakilan Indonesia.

Kloter pertama dari tiga pemberangkatan pesawat TNI AU itu tiba di landasan Udara Halim Perdanakusuma sekitar 15.30 WIB dengan jenis Boeing-737. Lima menit kemudian, mendarat pesawat Boeing-737 dan terakhir Hercules . 

Baca juga: Menkes: WNI yang diobservasi di Natuna dapat sertifikat kesehatan

"Saat mendarat, karena landasan ramai jadi mengarah ke pintu keluar di Terminal Selatan (zona kedatangan haji)," katanya.

Terawan memastikan sebanyak 385 WNI beserta awak pesawat dalam keadaan sehat.

"Saya satu pesawat, jadi lunas sudah saya jemput pertama dan antar ke Halim dalam kondisi sehat, semua bahagia sangat mengharukan karena mau ketemu keluarga dan saudara di kampung dalam kondisi sehat," ujarnya.

Kemenkes juga melengkapi sertifikat kesehatan kepada WNI berdasarkan hasil observasi selama karantina di Natuna.

Baca juga: Menkes minta dinkes tetap pantau WNI dari Natuna

"Ini semua disaksikan teman dari WHO. Mereka melihat langsung bahwa kita terbuka dalam informasi tidak ada yang disembunyikan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta kriteria daerah yang bisa terapkan PSBB

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar