Piala Dunia Sepak Bola U20

Presiden Jokowi harap stadion Manahan jadi tuan rumah Piala Dunia U20

Presiden Jokowi harap stadion Manahan jadi tuan rumah Piala Dunia U20

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada peresmian Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/2/2020). Stadion Manahan yang telah selesai direnovasi dengan anggaran sekitar 300 milliar memiliki kapasitas penonton 20 ribu. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/pras.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo berharap Stadion Manahan Surakarta siap untuk menjadi salah satu stadion yang akan menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 pada 2021 setelah selesai direnovasi.

"Kita berharap nantinya di 2021 Stadion Manahan Solo bisa ditetapkan sebagai stadion untuk Piala Dunia U-20 oleh PSSI maupun FIFA. Sehingga nanti kita bisa bersama-sama melihat laga internasional di stadion yang sangat megah ini," kata Presiden Jokowi di Stadion Manahan, Kota Surakarta, pada Sabtu (15/2).

Presiden menyampaikan hal itu seusai meresmikan renovasi dan pengembangan Stadion Manahan yang dikerjakan sejak Agustus 2018.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Stadion Manahan Solo

"Alhamdulillah kita pada malam ini bisa melihat, setelah direnovasi besar-besaran, Stadion Manahan Solo menjadi stadion yang megah dan fasilitas yang jauh lebih baik," kata Presiden dalam sambutannya.

Selepas memberikan sambutan, Presiden kemudian menandatangani prasasti tanda peresmian dan menyerahkan bola kepada anak gawang.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, dengan memohon ridho dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada malam hari ini saya nyatakan, saya resmikan renovasi dan pengembangan Stadion Manahan Solo," ujarnya.

Selanjutnya, Presiden menyalami para pemain Persis Solo dan Persib Bandung yang akan berlaga dalam pertandingan persahabatan.

Baca juga: Persib taklukkan Persis 2-0

Stadion Manahan sendiri mulai direnovasi pada Agustus 2018 dan selesai pada akhir tahun 2019. Stadion ini memiliki luas 34.960 meter persegi dan berdiri di atas kawasan seluas 173.300 meter persegi.

Stadion Manahan memiliki kapasitas 20.000 penonton dengan tempat duduk tunggal. Renovasi juga mencakup pengerjaan perbaikan struktur, penambahan kolom baru, hingga penambahan struktur lantai VIP.

Usai peresmian, Presiden kemudian menyaksikan laga persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung dengan ditemani Ibu Negara Iriana dan cucu pertamanya Jan Ethes Srinarendra.

Sejumlah menteri turut hadir dalam acara peresmian tersebut, yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu hadir pula Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, dan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochammad Iriawan.

Baca juga: PSSI : Stadion Manahan Solo hampir selevel GBK
Baca juga: Presiden akan tanam vetiver dan resmikan Stadion Manahan Solo

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta penyaluran dana desa dipercepat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar