Genangan di Kantor Kelurahan Jatinegara akibat minim resapan

Genangan di Kantor Kelurahan Jatinegara akibat minim resapan

Petugas Damkar Jakarta Timur berpose di Kantor Lurah Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur usai bertugas menyedot genangan air di lantai basement yang terendam air hujan, Ahad (16/2/2020). (ANTARA/HO-Damkar Jaktim)

Jakarta (ANTARA) - Genangan air hujan yang merendam lantai dasar (basement) Kantor Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Ahad sore, dipicu minimnya resapan, ujar otoritas setempat.

"Penyebabnya kurang besarnya kapasitas sumur resapan yang seharusnya menampung rembesan air hujan," kata Camat Cakung, Achmad Salahudin di Jakarta.

Lantai dasar Kantor Kelurahan Jatinegara dilaporkan terendam air dengan ketinggian berkisar 30 sentimeter pada pukul 16.00 WIB.
Genangan air merendam beberapa ruangan kerja serta area parkir kendaraan.

Baca juga: Genangan rendam Kantor Kelurahan Jatinegara
Baca juga: Rumah penduduk di Cipinang Melayu terendam luapan Kali Sunter


Achmad mengatakan Bagian Tata Pemerintahan Kota Jakarta Timur telah memastikan akan ada kegiatan pembuatan sumur resapan guna mengantisipasi genangan air di sekitar Kantor Kelurahan Jatinegara.
"Selanjutnya dari pihak kontraktor akan memperbaiki itu," katanya.

Achmad telah menginstruksikan agar lantai dasar Kantor Kelurahan Jatinegara untuk sementara tidak difungsikan. "Untuk lantai basement tersebut sementara ini jangan digunakan dulu," katanya.

Sementara itu genangan air dilaporkan surut sekitar pukul 18.00 WIB setelah tim Damkar melakukan penyedotan air menggunakan pompa. "Setengah jam kami sedot, genangan di basement kantor lurah Jatinegara sudah surut," kata Kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pengungsi korban banjir tetap kenakan masker dan menjaga jarak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar