Pertamina komitmen dorong UKM melalui program kemitraan

Pertamina komitmen dorong UKM melalui program kemitraan

Dokumentasi - UKM batik Srikandi Patra binaan Pertamina. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.

... mitra binaan tersebut mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pameran-pameran baik itu di dalam negeri bahkan sampai ke luar negeri
Manado (ANTARA) - Pertamina MOR VII komitmen dalam mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam pengembangan usahanya melalui program kemitraan.

Manager Communication dan CSR Pertamina Mor VII Hatim Ilwan di Manado, Minggu mengatakan Pertamina memiliki pogram-program CSR dan PKBL sebagai tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

"Salah satu program yang menjadi andalan selama ini adalah program kemitraan," katanya.
Baca juga: Pertamina siapkan dana pinjaman UKM Rp12 miliar

Ia menambahkan ini adalah sebuah program dimana Pertamina memberikan tambahan modal bagi pengusaha di sektor mikro yang nilainya bisa sampai Rp200 juta.

Dana tersebut dicicil selama tiga tahun dengan bunga yang kecil atau maksimal tujuh persen, yang nantinya akan kembali kepada mitra binaan.

Program ini mendapatkan respons cukup bagus dari masyarakat atau pelaku usaha kecil.

Sebab melalui program ini mereka tidak hanya mendapatkan pinjaman dengan kredit yang sangat lunak, tetapi juga diberikan kesempatan mendapatkan pelatihan kemudian mendapatkan pendampingan terhadap produk.
Baca juga: Pertamina Siapkan 1.000 Kompor Untuk UKM

"Selain itu, mitra binaan tersebut mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pameran-pameran baik itu di dalam negeri bahkan sampai ke luar negeri," katanya.
Ia mengatakan tahun 2019 jumlah mitra binaan Pertamina MOR VII, mencapai sekitar 231 UKM dengan dana yang disalurkan sekitar Rp15,1 miliar.

Mitra binaan tersebut tersebar pada enam provinsi yang berada di Sulawesi.

"Ke depan mitra binaan kepada UKM akan terus bertambah, dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan UKM supaya lebih maju," katanya.
Baca juga: Menkop Desak Pertamina Segera Salurkan Kompor Gas Untuk UKM

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jakarta Creative Hub bina cikal bakal koperasi milenial

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar