Jakarta (ANTARA News) - PT Indosat Tbk belum menetapkan besaran belanja modal (Capital Expenditure/Capex) yang akan direalisasikan tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Dirut Indosat Johnny Swandi Sjam disela-sela peresmian base transceiver station (BTS) Indosat di Desa Cikorek, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa.

Dia mengatakan, dana Capex 2009 tidak akan lebih besar dibandingkan dana Capex 2008 yang sebesar 1,4 miliar dolar AS karena tidak lagi dianggarkan dana pengadaan satelit.

Johnny menjelaskan capex Indosat 2008 sebesar 1,4 miliar dolar AS dimana 200 juta dolar AS diantaranya digunakan untuk pengadaan satelit

"Tahun ini ada kemungkinan terjadi penurunan besarannya karena tidak ada lagi kebutuhan untuk membiayai satelit. Hal ini karena satelit akan diluncurkan pada Agustus depan di China," katanya.

"Alokasi capex tahun ini untuk pembangunan infrastruktur di daerah tertinggal, jadi 50 persen capex untuk penambahan kapasitas pada jaringan eksisting dan 50 persen sisanya untuk menambah layanan di daerah terpencil," kata Direktur Utama Indosat, Johnny Swandi Sjam disela-sela peresmian BTS Indosat di Desa Citorek,Kabupaten Lebak, Banten, Selasa.

Johnny mengatakan ekspansi jangkauan layanan Indosat di daerah terpencil pada 2009 ini akan terfokus di Jawa dan Sumatera.

"Kita akan bangun di Jawa dan Sumatera karena tahun kemarin kita telah membangun di Indonesia Bagian Timur misalnya Kalimantan," katanya.

Untuk 2009 ini, Indosat menargetkan dapat menambah 12 juta pelanggan baru setelah memperoleh 35,5 juta pelanggan sampai November 2008.

Pada kesempatan tersebut Indosat meresmikan menara pemancar telekomunikasi (BTS) di Desa Citorek, Kabupaten Lebak, Banten dan merupakan operator telekomunikasi pertama yang masuk ke daerah tersebut.

Johnny mengatakan Indosat menginvestasikan Rp2 miliar sampai Rp3 miliar untuk membangun satu BTS tersebut.

Karena baru Indosat yang masuk ke daerah tersebut, dia mengatakan, utilitas jaringan di empat BTS tersebut mencapai lebih dari 200 persen.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009