Jakarta (ANTARA News) - Dewan juri yang terdiri dari manajemen Danone, Nutricia, Sari Husada memutuskan tim Kalingga dari UGM sebagai tim yang akan mewakili Indonesia ke International "Trust by Danone Competition" di Paris awal April 2009 bersama perwakilan 12-negara.

Dalam siaran pers humas panitia lomba yang diterima ANTARA News, di Jakarta, Selasa, menyebutkan keputusan tersebut diambil setelah mengevaluasi presentasi simulasi Business Plan dari 6-tim finalis Kompetisi Trust by Danone di Yogyakarta pada 13 Februari 2009.

Program Kompetisi yang semula diikuti 24-tim hasil seleksi dari 1.156 mahasiswa atau 292 tim dari UGM, UI, ITB, Unair, IPB dan Unpad yang mengikuti Tahap Final Ajang Kompetisi Simulasi Bisnis diselenggarakan oleh Groupe Danone. Program tersebut bertujuan untuk membekali mahasiswa tingkat akhir dengan pengetahuan manajeman perusahaan melalui Kompetisi Menyusun Business Plan. 

Masing-masing tim yang beranggotakan lima orang yang berandai-andai sebagai Board of Directors (Managing Director, Finance Director, Operation Director, HR Director dan Sales & Marketing Director) dari sebuah unit bisnis baru diharuskan menyusun program simulasi bisnis yang dilakukan secara online menggunakan internet selama kurang lebih dari enam jam berturut-turut.

Mereka dikondisikan menjalani waktu selama tiga bulan untuk melakukan SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats analysis), menentukan strategic direction, action plan, dan profit dan loss estimate untuk tiga tahun ke depan. Kompetisi Trust ini menghadirkan suatu permainan yang â??funâ?? dan mengikuti trend teknologi, yang menjadi cara kreatif serta unik yang ditawarkan DANONE kepada mahasiswa di seluruh dunia.

Agus Samsudin - HR Director PT Sari Husada mengatakan  Danone memperkenalkan business game ini kepada para mahasiswa Indonesia dengan maksud membiasakan mahasiswa kita agar dapat menangani hal-hal nyata yang terjadi dalam sebuah perusahaan. Jelas, hal ini adalah suatu tantangan dan bermanfaat untuk mereka, sebagai persiapan untuk memasuki dunia kerja kelakâ??

"Trust by Danone" diselenggarakan setiap tahun dan tahuan 2009 merupakan ke-6 dengan sasaran mahasiswa tingkat akhir untuk mempersiapkan diri mengejar perkembangan dunia bisnis secara global termasuk Indonesia yang dampaknya pada tingkat persaingan semakin tinggi dalam memperoleh pekerjaan. Sehingga setiap individu dipaksa berusaha semaksimal mungkin meningkatkan kualitas diri baik melalui jalur pendidikan maupun proses lain seperti mengikuti kompetisi bertaraf internasional.

"Kompetisi Trust ini juga memungkinkan para mahasiswa dapat mengembangkan hubungan baik dengan Danone maupun dengan rekan-rekan mahasiswa dari universitas lain. Hubungan ini tentu akan berkembang menjadi sebuah jaringan yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan diri masing-masing, dan mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari bangku kuliah," kata Agus. 

Sementara itu, Desytha Rahma salah satu anggota tim Kalingga UGM berharap dapat tampil semaksimal mungkin di Perancis nanti dan performanya bisa lebih baik dari wakil Indonesia tahun sebelumnya sehingga membawa nama baik UGM dan bangsa.

Rencananya tim Kalingga akan bergabung dengan tim perwakilan12 negara: Argentina, Belgia, Brazil, Cina, Republik Cekoslovakia, Indonesia, Jepang, Polandia, Portugal, Rusia, Spanyol, dan Turki.

Dari tahun ketahun mahasiswa Indonesia selalu memperlihatkan antusiasme yang besar dalam penyelenggaraan Trust.  Mereka pun tampil dengan gagasan-gagasan dan strategi bisnis yang cemerlang.

"Melihat antusiasme mahasiswa Indonesia ini membuat kita yakin bahwa kita masih punya masa depan yang menjanjikan sebagai sebuah bangsa yang besar,"  demikian Agus Samsudin. (*)


 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009