TOKYO, 20 Februari (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Yayasan Perdamaian Niwano Jum'at mengumumkan akan memberikan Hadiah Perdamaian Niwano ke-26 kepada Pendeta Canon Gideon Baguma Byamugisha, pendeta Anglikan Uganda, dalam mengakui upayanya menegakkan martabat dan hak azasi pengidap HIV/AIDS.

     Upacara penyerahan hadiah akan berlangsung di Tokyo pada 7 Mei. Di samping sertifikat hadiah, Pendeta Byamugisha akan menerima medali dan uang tunai senilai 20 juta yen.

     Pendeta Byamugisha, yang lahir pada 1959, mengetahui pada 1991 bahwa ia positif mengidap HIV. Ia pendeta Afrika pertama yang terang-terangan menyatakan bahwa ia positif mengidap HIV, dengan memecahkan salah satu dari hambatan terpenting dalam upaya memerangi HIV, atau diam karena stigma. Ia pendeta pemimpin misa (canon) di dua katedral, satu di Uganda dan satu di Zambia. Ia ikut meningkatkan kesadaran publik akan penyakit ini dengan cara yang membawa perbedaan pada masyarakat religius dan budaya di negaranya sendiri, di seluruh benua Afrika, dan di tingkat global.

     Dalam memilih Pendeta Byamugisha sebagai pemenang tahun ini, Komite Hadiah Perdamaian mengatakan ia "mengubah penderitaan pribadi menjadi pesan religius harapan dan keberanian serta memadukannya dengan tindakan konstruktif," dengan memberi "inspirasi dan bantuan kepada begitu banyak orang yang menjadi korban wabah HIV/AIDS." Komite ini juga mengatakan ia "wakil Afrika, yang membuat hadiah kami sangat seimbang dan adil" dan "keberanian pribadinya yang tak kunjung padam, kecintaan dan komitmennya terhadap Afrika, serta kesediaannya menghadapi masalah-masalah sulit sehubungan dengan HIV/AIDS membuatnya kandidat yang luar biasa."
   
     Hadiah Perdamaian Niwano
     Hadiah Perdamaian Niwano ditetapkan pada 1983 untuk menghormati dan mendorong perorangan dan organisasi yang berkontribusi amat besar terhadap pemahaman dan kerjasama antar agama, oleh karenanya memajukan perdamaian dunia. Untuk menghindari penekanan yang tak semestinya pada agama atau kawasan tertentu mana pun, nominasi diminta dari kalangan intelektual yang diakui di seluruh dunia.

     Yayasan Perdamaian Niwano
     Yayasan Perdamaian Niwano didirikan pada 1978 untuk ikut mewujudkan perdamaian dunia serta meningkatkan budaya perdamaian. Yayasan ini mempromosikan penelitian dan aktivitas lain berdasarkan semangat religius, dan melayani perdamaian di bidang-bidang seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, agama dan filosofi.

     Sumber: Yayasan Perdamaian Niwano
   
     Kontak:
     Tadashi Takatani
     Yayasan Perdamaian Niwano
     Tel: +81-3-3226-4371
     Fax: +81-3-3226-1835
     E-mail: peaceprice@npf.or.jp
     URL: www.npf.or.jp

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009