WhatsApp mode gelap akhirnya meluncur di Android dan iOS

WhatsApp mode gelap akhirnya meluncur di Android dan iOS

Contoh tampilan mode gelap WhatsApp (HO/Facebook)

Jakarta (ANTARA) - WhatsApp akhirnya menghadirkan fitur mode gelap atau dark mode di aplikasi Android maupun iOS secara global mulai hari ini.

“Akhirnya. Mode gelap untuk WhatsApp #DarkMode,” cuit @WhatsApp, Rabu.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu, Whatsapp mengatakan kehadiran mode gelap menjawab antusiasme dari masyarakat Indonesia yang telah menantikan fitur ini di aplikasi WhatsApp mereka.

Mode gelap untuk WhatsApp memberikan pengalaman baru dengan tampilan yang lebih segar. Lebih jauh, fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan yang minim cahaya.

Ketika sebagian besar aplikasi yang menawarkan pengalaman mode gelap memilih untuk menggunakan warna hitam murni, WhatsApp menemukan selama masa uji coba bahwa menyatukan warna hitam dan putih murni dapat menghasilkan kontras yang tinggi sehingga mengakibatkan kelelahan pada mata.

Oleh karena itu, dalam mode gelap WhatsApp, pengguna akan melihat latar belakang yang memadukan warna abu-abu gelap khusus dan putih tulang (off-white) yang membuat obrolan pengguna lebih ramah untuk mata.

Untuk mengaktifkan mode gelap, pengguna harus memperbarui versi WhatsApp. Pengguna Android 10 dan iOS13 dapat mengaktifkan mode gelap melalui pengaturan perangkat.

Sementara itu, pengguna Android 9 dan versi sebelumnya dapat mengaktifkan mode gelap melalui Pengaturan WhatsApp > Chat > Tema > pilih 'Gelap'.

Baca juga: WhatsApp mode gelap baru tersedia untuk pengguna beta

Baca juga: Mode gelap Whatsapp akan tersedia di iOS dan Android

Baca juga: Instagram sediakan fitur mode gelap ke Android dan iOS


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mudahnya belanja di pasar tradisional via WhatsApp

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar