Jakarta (ANTARA) - Jorge Lorenzo akan kembali membalap di kelas MotoGP sebagai pebalap wildcard tim Monster Energy Yamaha di Grand Prix Catalunya, Spanyol pada 3 Mei nanti.

"Setelah beberapa pekan aku berpikir kemarin aku memutuskan untuk berpartisipasi di Grand Prix Catalunya," kata Lorenzo dalam video yang diunggah di akun resmi Twitter pribadi dan tim, Kamis.

"Aku sangat menantikannya dan semoga bertemu dengan kalian di sana," kata sang pebalap Spanyol yang memutuskan pensiun pada akhir musim lalu.

Lorenzo kini menjalani peran baru sebagai pebalap pengembangan bagi Yamaha dan telah beberapa kali menjajal motor YZR-M1 di sejumlah sesi tes pramusim pada jeda musim dingin.

Lorenzo menjalani debut MotoGP dengan Yamaha pada 2009 dan menghabiskan sembilan musim bersama tim pabrikan Yamaha dengan memenangi tiga gelar kelas premier di atas motor M1 pada 2010, 2012, dan 2015.

Sementara itu kelas MotoGP di seri pembuka yang digelar di Qatar pada 8 Maret dibatalkan karena wabah virus corona, namun kelas Moto2 dan Moto3 tetap berlangsung di Sirkuit Losail karena tim dan pebalap kelas intermediate dan ringan telah berada di negara Teluk itu untuk menjalani tes pramusim.

Kemudian, seri selanjutnya di Thailand terpaksa ditunda karena pemerintah setempat khawatir dengan wabah virus tersebut.

Dengan terdampaknya dua seri awal, maka tim dan pebalap harus menunggu hingga seri ketiga di kalender, jika tidak ada perubahan jadwal, yaitu Grand Prix Amerika Serikat akan digelar di Texas pada 6 April.

Baca juga: Lorenzo rasakan nostalgia bersama Yamaha

Baca juga: Lorenzo kembali ke Yamaha

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020