Kemarin, COVID-19 ancam tutup perusahaan hingga harga batu bara naik

Kemarin, COVID-19 ancam tutup perusahaan hingga harga batu bara naik

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya (kiri) memasukkan pellet ke mesin pengubah pellet menjadi gas disaksikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah (kedua kiri) saat meninjau tempat pengolahan sampah menjadi Òpellet refuse derived fuelÓ (RDF) di Dusun Kebon Kongok, Desa Suka Makmur, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, NTB, Minggu (8/3/2020). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/hp

Jakarta (ANTARA) - Informasi ekonomi pada Minggu (8/3) masih dihiasi informasi terkait imbas COVID-19 yang mengancam kelangsungan usaha.

Berita lain juga terkait pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pengembangan energi yang memanfaatkan sampah sebagai bahan bakarnya.

Berikut rangkuman berita-berita pilihan yang masih menarik untuk dibaca.

1. Delapan perusahaan di Jateng terancam tutup kena imbas COVID-19

Delapan perusahaan yang berada di tiga kabupaten di Provinsi Jawa Tengah terancam tutup akibat terkena dampak wabah virus corona jenis baru (COVID-19).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah Sakina Rosellasari mengatakan perusahaan yang terancam bangkrut bergerak di bidang perkayuan dan vulkanisir ban.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Jalur khusus penumpang empat negara antisipasi COVID-19

PT Angkasa Pura II (Persero) bersama Kantor Imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan memastikan prosedur pembatasan kedatangan penumpang dari empat negara dijalankan penuh dengan menyiapkan jalur khusus di bandara-bandara yang dikelola perusahaan itu.

Pemerintah melakukan pembatasan terhadap warga negara asing (WNA) yang tiba dari tiga negara tersebut mulai Minggu, 8 Maret 2020.

Berita selengkapnya klik di sini

3. COVID-19 dorong kenaikan harga batu bara

Wabah virus corona jenis baru (COVID-19) di berbagai belahan dunia berdampak pada harga batu bara bulan yang naik sebesar 0,19 dolar AS (USD)/ton pada Maret 2020 dibanding Februari.

Laman Kementerian ESDM, Minggu, menyebutkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melalui Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 69.K/30 MEM/2020 menetapkan harga jual pasar untuk komoditas batu bara.

Berita sepengkapnya klik di sini

4. Ada 3,6 juta warung perlu diberdayakan

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan saat ini ada 3,6 juta warung tradisional di Indonesia yang perlu diberdayakan agar tetap bertahan karena menjadi tulang punggung ekonomi keluarga di tengah desakan pedagang ritel.

"Warung (tradisional) ini kekuatan ekonomi rakyat yang paling riil," kata Menteri Teten seusai acara peluncuran Program Virtual Terbaru Mitra Bukalapak di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Optimalisasi sampah jadi bahan bakar pembangkit listrik

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengapresiasi upaya PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) karena mampu memanfaatkan sampah menjadi bahan bakar untuk memproduksi energi listrik di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Setelah dilihat bagus sekali karena mesin pembuat pelet sampah dibuat sendiri dan tekniknya dengan fermentasi, kemudian hasilnya bisa menjadi substitusi batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU)," kata Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, ketika meninjau lokasi pembuatan pelet sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kebon Kongok, Kabupaten Lombok Barat, Minggu

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar