Dubai (ANTARA News) - Departemen Kehakiman telah melakukan tindakan maju saat pengadilan di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), memiliki perempuan hakim pertamanya.

Ibtisam Ali Rashid Al Badwawi telah diambil sumpah jabatannya sebagai perempuan hakim pertama yang bekerja di pengadilan Dubai.

Ibtisam, yang berusia 27 tahun dan memegang gelar sarjana muda di bidang Hukum dan Syari`ah dari UAE, diambil sumpahnya pada Kamis, bersama dengan empat hakim lain.

Shaikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UAE dan Penguasa Dubai, menyambut baik Ibtisam Al Badwawi sebagai hakim nasional pertama di pengadilan Dubai dan memuji pilihan karirnya yang bagus.

Ia mengatakan, tindakan semacam itu akan melicinkan jalan bagi perempuan lain yang menjadi sarjana untuk bergabung di Departemen Kehakiman.

Ia mengucapkan selamat kepada para hakim baru tersebut dan meminta mereka memikul tanggung jawab mereka dalam memutuskan secara adil tanpa takut atau mendukung dan sepenuhnya mematuhi standard keadilan dan sikap netral.

Upacara pengambilan sumpah itu dihadiri oleh Menteri Kehakiman Dr. Hadef bin Jawan Adh Dhaheri dan pejabat lain. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009