Saya merasa berat saja melaksanakan pekerjaan ini, apalagi dengan dana pemilihan kepala daerah sebesar itu
Mukomuko (ANTARA) - Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Yusup Aulawi mengundurkan diri dari jabatannya karena merasa tidak mampu lagi mengerjakan tugas dan fungsi sebagai sekretaris lembaga ini.

"Saya merasa berat saja melaksanakan pekerjaan ini, apalagi dengan dana pemilihan kepala daerah sebesar itu. Lebih baik saya mengundurkan diri daripada dampak terhadap pribadi," kata Yusup Aulawi, dalam keterangannya, di Mukomuko, Rabu.

Yusup Aulawi mengajukan surat pengunduran dari jabatannya terhitung sejak tanggal 10 Januari 2020, dan surat pengunduran dirinya baru saja disetujui oleh Sekjen KPU RI belum lama ini.
Baca juga: KPU Mukomuko tetapkan 150 anggota PPK terpilih

Ia mengatakan bahwa tidak hanya dirinya saja yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekretaris KPU setempat, termasuk salah seorang bendahara di sekretariat lembaga ini juga mengundurkan diri.

"Saya tidak tahu alasan bendahara KPU tersebut mengundurkan diri. Kalau ingin tahu tanyakan saja langsung kepada yang bersangkutan alasannya mengundurkan diri," ujarnya pula.

Dia mengatakan, salah satu alasannya mengundurkan diri dari jabatannya karena faktor umur, termasuk fisik juga tidak kuat lagi menghadapi kondisi pekerjaan seberat itu.

Selain itu, ia mengatakan, pengelolaan keuangan untuk pemilihan kepala daerah setempat yang mencapai Rp25 miliar membutuhkan persiapan, baik persiapan fisik maupun mental.

Ketua KPU Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin mengatakan Sekretaris KPU setempat sudah lama mengajukan pengunduran diri dari jabatannya, setelah selesai Pemilu 2019, tetapi baru disetujui belum lama ini.
Baca juga: KPU Mukomuko Gelar PSU Khusus Pemilihan Presiden

Ia mengatakan, alasan Sekretaris KPU ini mengundurkan diri karena faktor usia yang tidak mampu lagi mengejar kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan di KPU setempat.

Selanjutnya Kasubag Umum KPU setempat Novlan menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris KPU Mukomuko, menggantikan Yusup Aulawi.

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020