Pertamina Jatim pastikan ketersediaan BBM dan elpiji lancar

Pertamina Jatim pastikan ketersediaan BBM dan elpiji lancar

Penambahan Pasokan Elpiji Bersubsidi Petugas memeriksa segel tabung elpiji bersubsidi di salah satu pangkalan di Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (12/12). . Antara Jatim/Prasetia Fauzani/mas/17

Pertamina tetap menjalankan proses bisnisnya dalam memenuhi kebutuhan energi untuk masyarakat, serta memastikan stok BBM dan elpiji di wilayah MOR V selalu aman
Surabaya (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V yang meliputi wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara memastikan ketersediaan BBM dan elpiji di wilayah itu lancar setelah pemerintah mengambil kebijakan bekerja dari rumah dan meliburkan sekolah selama 14 hari.

"Pertamina tetap menjalankan proses bisnisnya dalam memenuhi kebutuhan energi untuk masyarakat, serta memastikan stok BBM dan elpiji di wilayah MOR V selalu aman," kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji di Surabaya, Rabu.

Rustam mencatat, pada minggu ke-3 Maret 2020, penyaluran BBM di wilayah Jawa Timur untuk jenis gasoline rata-rata mencapai 12.000 KL/hari, sementara untuk jenis gasoil rata-rata mencapai 5.700 KL/hari.

"Secara total, realisasi sampai dengan pertengahan Maret 2020 Pertamina telah menyalurkan BBM jenis gasoline sebanyak 189.000 KL/hari dan BBM jenis gasoil sebanyak 86.000 KL/hari," kata Rustam, kepada wartawan.

Sedangkan elpiji, Pertamina telah menyalurkan elpiji PSO di wilayah MOR V dengan rata-rata harian sebesar 3.600 MT/hari dan elpiji NonPSO Rumah Tangga sebesar 179 MT/hari.

"Secara total, realisasi sampai pertengahan Maret, kami telah menyalurkan elpiji PSO sebesar 43.000 MT/hari dan elpiji NPSO Rumah Tangga sebesar 2.100 MT/hari," kata, Rustam.

Rustam juga memastikan, saat ini ketahanan stok BBM dan elpiji untuk seluruh produk, secara nasional rata-rata di atas 20 hari.

"Hingga hari ini kami tetap memberikan pelayanan untuk kebutuhan energi masyarakat, salah satu caranya adalah dengan menerapkan "fit to work" dan cek kesehatan untuk awak mobil tangki yang mendistribusikan BBM," katanya.

Selain itu, juga terus berkoordinasi dengan SPBU-SPBU untuk memberikan alat preventif medis seperti masker, sarung tangan serta cairan pembersih tangan kepada operator sebagai garda depan Pertamina dalam menyalurkan BBM kepada konsumen.

"Sebagai BUMN yang berperan strategis untuk melayani energi, kami akan tetap fokus dan memastikan proses penyediaan energi mulai dari fungsi hulu migas, kilang, distribusi hingga pemasaran tetap berjalan baik. Sehingga ketersediaan dan penyaluran BBM dan elpiji di seluruh Tanah Air tetap lancar," katanya.

Baca juga: Pertamina lakukan siaga COVID-19 di SPBU
Baca juga: Wabah COVID-19, Pertamina pastikan pasokan BBM dan LPG aman
​​​​​​

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar