Kandahar, Afghanistan (ANTARA News)- Serangan bunuh diri menewaskan lima polisi anti narkotika dan mencederai dua lainnya di Afghanistan selatan penghasil opium , Kamis , kata polisi kepada AFP.

Seorang pria mendekati satu konvoi polisi di kota Lashkar Gah dan meledakkan bom yang dililit dibadannya, kata wakil kepala kepolisian provinsi itu Kamaluddin Khan kepada AFP.

"Lima polisi tewas dan dua lainnya cedera," katanya.

Khan menyalahkan serangan itu pada "musuh-musuh Afghanistan" kata-kata yang sering digunakan untuk mengacu pada gerilyawan Taliban yang melancarkan pemberontakan berdarah dan memperoleh keuntungan dari industri opium dan heroin.

Afghanistan menghasilkan 90 persen opium dunia, sebagian besar berasal dari Helmand, di mana heroin juga diproduksi dalam laboratrium obat-obatan.

Taliban memerintah Afghanistan tahun 1995 dan disingkirkan dari kekuasaan lima tahun kemudian oleh invasi pimpinan AS akhir tahun 2001 setelah menolak menyerahkan sekutu-sekutu Al Qaidah mereka menyusul serangan 11 September 2001 di AS.

Afghanistan selatan adalah medan tempur utama yang melibatkan pasukan Afghanistan dan internasional melawan para gerilyawan Taliban dan sekutunya.

Presiden AS Barack Obama berjanji akan mengirim 17.000 tentara tambahan ke Afghanistan Selatan dalam bulan-bulan mendatang bersama sekitar 23.000 tentara dari beberapa negara yang sudah beroperasi di daerah luas negara itu. Pasukan itu berada di bawah komando NATO.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009