Stok darah di UDD PMI Cianjur kosong

Stok darah di UDD PMI Cianjur kosong

Kantor UDD PMI Cianjur, Jawa Barat (ANTARA/Ahmad Fikri)

Sudah hampir satu pekan terakhir, stok darah kosong
Cianjur (ANTARA) - Stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Cianjur, Jawa Barat, kosong akibat minimnya pendonor yang datang sejak merebaknya COVID-19 dan dihentikannya donor darah massal di sejumlah wilayah termasuk di perkotaan.

"Sudah hampir satu pekan terakhir, stok darah kosong. Kami tidak dapat berbuat banyak karena batasan keluar rumah sejak merebaknya COVID-19 di sejumlah wilayah termasuk di Cianjur," kata Sekretaris PMI Cianjur, Heri Hidayat pada wartawan, Selasa.

Ia menjelaskan, stok darah terakhir yang tersedia beberapa pekan yang lalu sebanyak 2 labu trombosit dan 112 darah merah. Namun saat ini dari pendonor yang sengaja datang tidak dapat memenuhi kebutuhan darah di Cianjur.

Setiap bulannya ujarnya, kebutuhan darah Cianjur mencapai 1.500 labu yang biasanya dapat ditutupi dari pendonor saat melakukan kegiatan donor darah massal di sejumlah perkantoran pemerintah atau kelompok masyarakat.

Baca juga: Sejak pandemi COVID-19, PMI Kota Magelang kekurangan stok darah

Baca juga: PMI Jember pastikan stok darah aman di tengah pandemi COVID-19


"Karena ada batasan keluar rumah dan mengumpulkan orang banyak kegiatan donor darah massal yang selama ini menutupi kebutuhan, tidak dapat dilakukan dan yang datang ke kantor PMI pun hanya beberapa orang," katanya.

Saat ini, untuk menyiasati kebutuhan darah pasien, pihaknya mengimbau keluarga untuk datang ke UDD PMI Cianjur, guna mendonorkan darahnya karena tidak ada upaya lain yang dapat dilakukan.

Meskipun di tengah merebaknya COVID-19, pihaknya mengimbau warga yang kondisinya sehat untuk dapat mendonorkan darahnya dengan cara datang langsung ke UDD PMI atau menghubungi petugas untuk datang ke rumah.

"Harapan kami ini dapat berlalu dan Cianjur bebas dari COVID-19, agar PMI dapat kembali melakukan donor darah massal dan tidak kesulitan untuk mendapatkan stok darah," katanya.

Baca juga: PMI minta tambahan stok darah ke Bandung

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menhub resmikan reaktivasi jalur KA Ciranjang-Cipatat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar