Warsawa (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Sedikitnya 18 orang tewas dan hampir 20 orang lagi cedera, ketika api melahap tempat penampungan tunawisma di Polandia barat-laut, demikian laporan kantor berita Polandia PAP, Senin.

Sebanyak 77 orang tinggal di pemondokan berlantai tiga ketika kebakaran terjadi sekitar pukul 01:00 waktu setempat Senin, kata Pawel Fratczak, jurubicara kantor pemadam nasional Polandia, sebagaimana dikutip PAP.

Fratczak mengatakan 20 orang, termasuk satu anak kecil, telah dibawa ke rumah sakit yang berada tak jauh dari lokasi kebakaran. Banyak korban cedera telah melompat dari jendela dan menderita patah tulang dan cedera lain setelah mereka berusaha menyelamatkan diri dari kobaran api.

Petugas pemadam telah memadamkan api dan penyelidik kebakaran sedang memeriksa reruntuhan guna memastikan penyebab kebakaran itu. Belum diketahui apa penyebab kebakaran tersebut, kata jurubicara itu.

Perdana Menteri Polandia Donald Tusk telah mempersingkat libur Paskahnya untuk terbang ke Kamien Pomorski, 60 kilometer di sebelah timur perbatasan Jerman, guna menilai kerugian akibat kebakaran tersebut dan memastikan bantuan apa yang diperlukan, kata PAP.

Jurubicara pemerintah Pawel Gras mengatakan pemerintah lokal telah melancarkan tindakan guna menjamin tak seorang pun penyintas dibiarkan tanpa tempat berteduh.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009