Serang (ANTARA News) - Mantan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiqurahman Ruki gagal menuju Senayan menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) karena kalah bersaing dengan Andika Hazrumy putra Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Komisi Pemilihan umum (KPU) Provinsi Banten, Senin, Taufikqurahman Ruki yang sudah dikenal secara luas di Banten ternyata belum banyak berdampak terhadap perolehan suara yang tercatat hanya meraih 118.986 suara.

Sedangkan, anggota DPD yang lolos ke Senayan adalah Andika Hazrumy, Abdurahman menjabat sebagai Ketua PCNU Kota Tangerang, Abdi Sumaithi, kader PKS dan Ahmad Subadri yang menjabat Ketua DPC Demokrat Kabupaten Tangerang.

Andika Hazrumy memperoleh 76I.097 suara, Abdurrahman meraih I45.420 suara, Abdi Sumaiti 133.923 suara dan Ahmad Subadri dengan 129.609 suara.

"Ke-empat calon anggota DPD asal Banten itu merupakan wajah baru," kata Agus Supriyatna, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten.

Dia mengatakan, tiga calon incumbent DPD masing-masing Ratu Cicih Kurniasih, Apud Mahfud, dan Renny Pudjiati juga gagal menuju Senayan karena perolehan suara hanya di bawah 10 besar.

"Saya berharap dengan terpilihnya anggota DPD wajah baru tentu dapat memberikan perhatian terhadap pembangunan Banten," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009