London (ANTARA News) - Steven Gerrard mencetak dua gol saat Liverpool mengalahkan West Ham United 3-0 di Upton Park, Sabtu, dan kesebelasan itu kembali ke puncak klasemen liga utama Inggris serta mempertahankan tekanan mereka pada Manchester United dalam perburuan gelar juara.

Reuters melaporkan, Gerrard mencetak gol pada menit kedua dan membuat kedudukan menjadi 2-0 setelah 38 menit, dengan Ryan Babel menambah dengan gol ketiga tujuh menit sebelum bubaran.

Liverpool, yang kini sudah memenangi sembilan dari 10 pertandingan terakhir mereka di liga dan imbang pada pertandingan lainnya, kini mengantongi 80 poin dan mengungguli Manchester United karena selisih gol.

Namun bagaimanapun juga, Liverpool hanya memiliki sisa dua pertandingan lagi di liga, sedang sang juara United masih empat pertandingan, dimulai dengan derby melawan Manchester City di Old Trafford hari Minggu.

Posisi ketiga Chelsea akan menghadapi posisi keempat Arsenal pada hari Minggu di Stadion Emirates, dan jika United menang dan Chelsea kalah, maka Liverpool akan menjadi satu-satunya tim yang secara matematis setidaknya memiliki peluang untuk menghentikan Manchester United memenangi gelar ketiga beruntun.

Gerrard mencetak gol pembuka saat dia lolos dari jebakan offside West Ham dan memperdaya penjaga gawang Robert Green. Dia membukukan golnya yang ke-23 --prestasi terbaiknya selama satu musim-- setelah 38 menit saat dia meneruskan untuk memaksakan bola ke gawang setelah Green menyelamatkan bola dari tembakan penaltinya. Itu merupakan gol Liverpool ke-100 dalam keseluruhan kompetisi pada musim ini.

Gol ke-101 terjadi menjelang akhir pertandingan saat Babel menyambar bola yang memantul setelah Green menyelamatkan bola dari sundulan pemain asal Belanda itu.

Pada pertandingan lain, West Bromwich Albion, akan bisa berada dalam langkah untuk bertahan di liga utama lagi setelah mengalahkan Wigan Athletic 3-1 di The Hawthorns.

Marc-Antoine Fortune mencetak dua gol saat West Brom menang untuk keduakali dalam tiga pertandingan untuk mempertahankan harapan mereka menghindari kembali Championship (divisi kedua).

West Brom masih di posisi terbawah namun menaikkan poinnya menjadi 31, sama dengan Newcastle United dan Middlesbrough yang akan bertemu Senin.

Hull menelan kekalahan kelima mereka secara beruntun, setelah dikalahkan 1-2 oleh Stoke City, yang kini sudah aman. Hull mengumpulkan 34 poin, tertinggal dua poin dari Sunderland yang juga masih dalam bahaya dengan 36 poin setelah imbang 0-0 di Bolton Wanderers.

Pada pertandingan lain, Blackburn Rovers sepertinya akan aman dengan 40 poin setelah kemenangan mereka 2-0 atas Portsmouth, yang masih belum aman dengan 38 poin.

Fulham mengalahkan Aston Villa 3-1 untuk naik ke posisi ketujuh, sedang finalis Piala FA Everton imbang 0-0 dengan Tottenham Hotspur, yang naik ke posisi kedelapan.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009