KSP salurkan bantuan alat pelidung diri ke RS rujukan COVID-19

KSP salurkan bantuan alat pelidung diri ke RS rujukan COVID-19

Plt. Deputi Bidang Informasi dan Komunikasi Politik Kantor Staf Presiden Juri Ardiantoro (kiri) menyerahkan bantuan alat kesehatan dan Aalat Pelindung Diri kepada Rumah Sakit rujukan COVID-19, di Jakarta, Rabu (8/4/2020). ANTARA/HO-KSP

RS PGI Cikini banyak menerima bantuan dari pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Kantor Staf Presiden (KSP) menyalurkan bantuan ratusan alat kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada beberapa rumah sakit (RS) rujukan COVID-19 yakni RS PGI Cikini dan RS Persahabatan di Jakarta, Rabu.

“Saya mewakili Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyerahkan bantuan alat kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada RS-RS untuk menangani pandemi COVID-19 seperti masker, cairan pembersih tangan (hand sanitizer), sarung tangan, kasur, ventilator dan alat kesehatan lainnya ,” ujar Pelaksana Tugas Deputi Bidang Informasi dan Komunikasi Politik KSP, Juri Ardiantoro melalui siaran pers di Jakarta, Rabu.

Bantuan yang diberikan KSP ke RS PGI Cikini adalah 12 tempat tidur, 12 matras, sebuah alat USG, dan 100 kaca mata Goggle. Sedangkan, RS Persahabatan menerima 10 tempat tidur, 10 matras dan 100 APD Medium.

Baca juga: RSUI terima bantuan APD dari Kemendikbud
Baca juga: Pegadaian bantu APD COVID-19 untuk IDI Denpasar


KSP menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberi kepercayaan untuk penyaluran bantuan itu. Juri berharap alat kesehatan dan APD yang diberikan dapat dimanfaatkan rumah sakit untuk merawat pasien yang terinfeksi COVID-19.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Ketua RS PGI Cikini Alphinus R. Kambodji mengatakan saat ini pihaknya merawat 27 pasien COVID-19.

“Setiap hari kami membutuhkan 150 APD. Kami berharap bantuan dan kerja sama ini bisa terus berlanjut dan didukung banyak pihak. Terima kasih dan hormat kepada Presiden dan Kepala Staf Kepresidenan atas bantuan alat kesehatan yang diberikan. RS PGI Cikini banyak menerima bantuan dari pemerintah,” kata Alphinus.

Baca juga: RAPP dan APR donasikan 315.450 APD untuk tenaga medis Riau
Baca juga: INTI berikan bantuan APD tiga RS rujukan COVID-19 Jabar


Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSUP Persahabatan Yudhaputra Tristanto mengatakan bahwa APD merupakan kebutuhan utama rumah sakit untuk melayani masyarakat, dan sebagai alat proteksi tenaga medis. RSUP Persahabatan membutuhkan 600 APD setiap harinya.

“Jumlah pasien yang dirawat jumlahnya dinamis. Pada Rabu (8/4) dari total 203 ruang untuk pasien COVID-19, hanya tersisa 19 kamar kosong. Terima kasih kepada KSP dan seluruh lembaga yang memberikan bantuan alat kesehatan dan APD. RSUP Persahabatan tahu bahwa untuk mendapatkan alat-alat ini tidak mudah maka akan dimaksimalkan penggunaannya untuk melayani masyarakat,” kata dia.

Baca juga: Bantuan 8.500 APD dan 4.800 "rapid test" Kemenkes diterima Riau
Baca juga: RS BUMN terima bantuan 20.000 APD dari Kemensos
Baca juga: DSLNG serahkan bantuan APD dan peralatan kesehatan ke Pemda Banggai


 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ancaman psikologis meningkat, KSP luncurkan layanan psikologi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar