Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Roem Kono menegaskan partainya berkomitmen membantu pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dalam menanggulangi pandemi COVID-19 melalui "Gerakan Melawan COVID-19".

"Gerakan tersebut sebagai bentuk kepedulian Partai Golkar kepada pemerintah dan masyarakat dalam membantu pencegahan COVID-19," kata Roem dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Roem mengatakan Golkar melalui Badan Penanggulangan Bencana DPP Partai Golkar melaksanakan kegiatan "Gerakan Melawan COVID-19".

Baca juga: Golkar luncurkan Gerakan Lawan COVID-19

Dia menjelaskan bentuk kepedulian itu dengan mendistribusikan atau menyerahkan alat pelindung diri (APD) kepada seluruh DPD Partai Golkar, mulai tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota termasuk kepada pengurus partai.

"Ini misi kemanusiaan, tidak ada unsur pencitraan politik tetapi ikut serta dalam melawan COVID-19 dalam rangka membantu pemerintah," ujarnya.

Roem yang juga Ketua Umum Ormas MKGR itu mengatakan penyaluran bantuan alat medis itu melalui ormas pendiri dan yang didirikan oleh Partai Golkar serta DPD Partai Golkar tingkat provinsi seluruh Indonesia.

Baca juga: 245 kader Partai Golkar sumbangkan gaji selama masa tanggap darurat

Langkah itu, menurut dia, merupakan instruksi langsung dari Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto yang ditujukan untuk seluruh kader partai mulai dari tingkat DPD I hingga DPD II untuk membantu masyarakat melawan COVID-19.

"Partai Golkar bagian dari rakyat karena itu kami harus berdiri di depan menyosialisasikan 'physical distancing' yang sudah diterapkan WHO dan pemerintah," katanya.

Selain itu, kata dia, DPP Partai Golkar juga mengadakan pemeriksaan tes cepat atau "rapid test" COVID-19 untuk seluruh keluarga besar partai.

Baca juga: Perempuan Golkar Peduli sumbang ribuan APD tangani pasien COVID-19

Dia mengatakan sejauh ini sudah ada 800 orang yang mengikuti "rapid test" COVID-19 di kantor DPP Partai Golkar, sebagai bentuk membantu pemerintah mengatasi penyebaran COVID-19.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020