AyoBergerak.id galang dana Rp5 miliar bantu tenaga medis lawan corona

AyoBergerak.id galang dana Rp5 miliar bantu tenaga medis lawan corona

Hasil tangkapan layar laman ayobergerak.id (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Gerakan sosial yang diinisiasi relawan dari berbagai latar belakang profesi, keahlian dan usaha, AyoBergerak.id kembali menggalang dana untuk membantu pengadaan alat perlidungan diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani COVID-19. Kali ini total dana yang rencananya dihimpun sebesar Rp5 miliar.

"Rencananya, kami akan menggalang dana yang jauh lebih besar lagi dalam menanggulangi COVID-19 karena permintaan donasi APD yang masuk ke database AyoBergerak.id dari 1.300 Faskes (RS, Puskesmas) di 33 provinsi sangat besar, yakni sekitar Rp5 miliar, terutama dalam bentuk masker bedah, masker N-95, dan baju APD," ujar Caesar.

Baca juga: Cokelat persembahkan "Bagimu Negeri" untuk tim medis

Baca juga: Joe Taslim berencana galang dana bantu masyarakat terdampak corona


Sebelumnya, gerakan ini sudah menghimpun dana Rp1 miliar pada 14 April lalu sejak peluncurannya pada 30 Maret 2020 dari berbagai perusahaan dan forum wartawan teknologi.

Ketua AyoBergerak.id Caesar Rohedi, dalam siaran persnya, Kamis mengatakan, sebanyak Rp 586 juta dari dana donasi sudah disalurkan ke 450 rumah sakit (RS) dan puskesmas di Indonesia yakni di wilayah DKI Jakarta (67), Jawa (245), Sumatra (69), Sulawesi (17), Kalimantan (14), Nusa Tenggara (17), Papua (2), dan Kepulauan Riau (6).

Rumah sakit yang telah menerima bantuan antara lain RSUD Pasar Minggu, RSUD Cempaka Putih, RSUD dr. Ben Mboi, RSUP dr Sardjito, RSI Jemur Sari Surabaya, Puskesmas Setu 1 Bekasi, Puskesmas Gempol Cirebon.

Sejumlah selebritas yang juga warganet berpengaruh atau influencer turut terlibat menjadi relawan digital, antara lain Baim Wong, Titi Kamal, serta pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Dalam laman Instagramnya, Raffi dan Nagita mengucapkan terima kasih kepada para petugas medis sekaligus mengajak masyarakat untuk tetap #StayAtHome. Mereka juga mengajak masyarakat untuk ikut bergabung menjadi relawan AyoBergerak.id.

Baca juga: ShopeePay dan PMI hadirkan program donasi lawan COVID-19

Baca juga: Gitar bertandatangan Megadeth dilelang Rp100 juta untuk tangani corona

Baca juga: Anne Avantie donasikan APD untuk petugas medis lawan corona

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

GTPP COVID-19 Babel terima donasi APD dan uang Rp1 M

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar