Liga Italia

Liga Italia nyatakan komitmen tuntaskan musim ini

Liga Italia nyatakan komitmen tuntaskan musim ini

Seorang pendukung melihat pengumuman penundaan laga AC Milan melawan Genoa di stadion San Siro, Milan, Minggu (1/3/2020). Sejumlah pertandingan Serie A ditunda karena merbaknya virus corona di negara itu. ANTARA FOTO/REUTERS/Flavio Lo Scalzo/pras.

Tidak boleh menciptakan ilusi bahwa melanjutkan latihan berarti meneruskan kompetisi
Jakarta (ANTARA) - Operator Liga Italia menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan musim ini pada Senin setempat, meski terdapat laporan bahwa tujuh klub menolak musim kompetisi dilanjutkan karena pandemi COVID-19 masih menghantam Italia.

"Dewan Liga Italia yang bertemu pada hari ini dengan suara bulat mengonfirmasi niatnya untuk menyelesaikan musim 2019/2020, jika pemerintah mengizinkan untuk dilanjutkan," demikian pernyataan operator liga seperti dikutip dari AFP.

Dalam pernyataan itu ditambahkan pula jika liga dimulai kembali maka kompetisi itu akan mematuhi semua regulasi FIFA, UEFA, dan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) serta patuh kepada protokol-protokol medis demi melindungi para pemain.

Baca juga: Presiden FIGC bersikeras tak mau jadi "penggali kubur" sepak bola

Baca juga: Bos sepak bola Italia sebut Serie A lanjut lagi Oktober


Brescia, Torino, Sampdoria, Udinese, SPAL, Genoa, dan Cagliari dilaporkan tidak ingin melanjutkan kompetisi, karena mereka beranggapan risikonya terlalu besar.

Enam dari tujuh klub di atas berlokasi di Italia utara, wilayah yang paling parah dihantam pandemi COVID-19 di negara tersebut.

Kompetisi sepak bola di Italia telah dihentikan sejak 3 Maret, sedangkan "lockdown" yang telah ditetapkan pemerintah kini diperpanjang sampai 3 Mei.

Baca juga: Liga Italia perpanjang masa penangguhan kompetisi

Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora akan melakukan pertemuan dengan FIGC pada pertengahan pekan. Namun ia menegaskan dirinya tidak bisa menjamin apapun, bahkan sekedar mengizinkan tim melakukan latihan bersama.

"Saya tidak memberi jaminan apapun untuk dimulainya kembali kompetisi atau tim dapat berlatih kembali pada 4 Mei, jika kondisi-kondisi di negara ini belum membaik," kata Spadafora kepada Tg2 Post.

"Saya akan mengevaluasi dengan sangat berhati-hati, namun ini tidak boleh menciptakan ilusi bahwa melanjutkan latihan berarti meneruskan kompetisi," tambahnya.

Baca juga: Mancini yakin sepak bola bisa bantu Italia di masa pemulihan

Baca juga: Juventus tak mau trofi Serie A jika kompetisi dibatalkan karena corona

Baca juga: Dokter terkemuka Italia menentang pelanjutan Serie A pada Mei


 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kepala Bappenas sebut penerapan tatanan kehidupan baru tidaklah rumit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar