Menu diet sehat untuk yang berpuasa

Menu diet sehat untuk yang berpuasa

Ilustrasi.

Jakarta (ANTARA) - Terdapat daftar makanan dan minuman yang cocok digunakan untuk diet saat berpuasa di bulan suci Ramadhan ini.

Dilansir Indian Express pada Jumat (24/4), jika menu sahur dan berbuka dilakukan dengan tepat, maka impian untuk menurunkan berat badan saat berpuasa bisa tercapai.

Menu sahur

Saat sahur, konsumsi makanan kaya protein seperti telur, karena dapat membantu Anda tetap kenyang selama berpuasa.

Selain itu, Anda juga harus mencari makanan yang kaya serat seperti gandum. Gandum memiliki serat larut yang dapat memperlambat pencernaan dan menurunkan kolesterol dan glukosa darah, sehingga membuat Anda merasa kenyang dan berenergi.

Menu sahur dapat dilengkapi dengan makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin, seperti yogurt atau milkshake dengan madu, agar tetap merasa kenyang dan terhidrasi.

Terdapat pula makanan yang harus dihindari selama sahur, yaitu tidak memakan karbohidrat olahan karena hanya bisa bertahan beberapa jam, dan rendah nutrisi penting lainnya.

Makanan asin juga sebaiknya dihindari. Karena itu, jangan mengonsumsi keripik, kacang asin dan acar, dan makanan yang mengandung saus kedelai. Minuman berkafein juga harus dihindari karena dapat membuat Anda gelisah sepanjang hari, yang dapat menjadi kontra-produktif dan ingin terus minum air putih.

Baca juga: Grab luncurkan fitur baru GrabFood untuk Ramadhan

Baca juga: Makanan minuman yang boleh dan tidak untuk buka puasa


Menu berbuka (iftar)

Ketika Anda akhirnya berbuka puasa, pahamilah bahwa Anda perlu memberi tubuh Anda semua nutrisi penting.

Buah-buahan kaya kalium seperti kurma dapat menghidrasi Anda dan memberi Anda energi instan. Jangan lupa untuk minum air sebanyak mungkin sebelum tidur.

Kacang mentah sangat bagus untuk Anda, karena bisa memenuhi kebutuhan rasa lapar Anda dan tidak membuat Anda makan berlebihan. Almond, terutama, mengandung lemak baik yang dibutuhkan tubuh Anda setelah seharian berpuasa.

Konsumsi mentimun, selada, dan sayuran lain yang memiliki kandungan air tinggi. Sayuran ini dapat mendinginkan tubuh Anda dari dalam, dan menjaga kulit tetap sehat.

Sementara, jenis yang harus dihindari saat berbuka puasa antara lain minuman berkarbonasi. Jika merasa haus, pilihlah air biasa atau air kelapa.

Makanan yang mengandung gula tinggi seperti cokelat dan permen juga harus dihindari. Mereka bisa membuat puasa Anda menjadi sia-sia. Makanan yang digoreng dan berminyak seperti samosa dan sejenisnya juga lebih baik dihindari.

Baca juga: Makan gorengan saat berbuka puasa, bolehkah?

Baca juga: Buka puasa dengan bubur kacang hijau, ini manfaatnya

Baca juga: Inspirasi tempat berbuka puasa di Jakarta

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Benarkah puasa intermiten metode diet paling efektif?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar