Washington (ANTARA News) - Pemimpin Libya Kolonel Moamer Kadhafi memberikan hadiah kepada mantan menteri luar negeri Amerika Serikat (AS) Condoleezza Rice, pada saat dia melakukan kunjungan bersejarah ke Tripoli tahun lalu, kata laporan pemerintah Kamis.

Kadhafi, yang tidak menyembunyikan kekagumannya kepada wanita yang dia sebut "Leeza" dari pada nama panggilannya "Condi" itu, memberikan hadiah sebentuk cincin berlian di dalam sebuah kotak kayu, yang ditutup dengan fotonya dan sebuah DVD musik instrumentalia.

Harga cenderamata itu bernilai 212.225 dolar AS, menurut laporan tahunan barang-barang cenderamata yang dihadiahkan kepada para anggota pemerintahan AS 2008, yang diumumkan dalam Register Federal.

Sebagai kepala diplomat AS pertama yang melakukan kunjungan ke Libya setelah 55 tahun, Rice menerima hadiah tersebut ketika bertemu dengan Kadhafi, saat berkunjung ke Tripoli 5 September.

Register Federal tidak menyebutkan secara khusus hadiah apa yang dia terima, namun pejabat kantor berita Libya, JANA, sebelumnya menjelaskan bahwa Kadhafi memberi hadiah sebuah kecapi kepadanya.

Juru bicara Rice, Sean McCormack juga menerima pemberian dari Kadhafi, berupa sebuah jam tangan Swiss yang berhiaskan foto pemimpin Libya itu.

Semua hadiah itu menjadi properti milik publik, karena berdasarkan undang-undang AS perwakilan pemerintah AS dilarang untuk menerima hadiah dari pemerintah asing. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009