Madrid (ANTARA News/AFP) - Real Madrid menjual 15 kaos tim Cristiano Ronaldo setiap menit di toko klub tersebut di stadion Santiago Bernabeu dalam penjualan selama dua jam setelah presentasi pemain tersebut,kata laporan-laporan, kemarin.

Toko tersebut menjual 2.000 kaos tim yang mencantumkan nama pemain penyerang Portugal itu dan nomor sembilan yang pernah dipakai pemain legenda klub tersebut, Alfredo di Stefano, selama periode tersebut dengan harga 85 euro (118 dolar AS) untuk setiap kaos tim tersebut dan memberikan penghasilan sebesar 170.000 euro, kata laporan harian olahraga AS dan Marca.

Dalam penjualan yang penuh peminat itu, 300 kaos tim Ronaldo yang berwarna hitam dan putih dicuri. "Cristianomania" terus berlanjut hingga hari Selasa, sementara kaos tim ukuran orang dewasa terjual habis.

Kaos tim Ronaldo (24) terjual jauh lebih banyak dibanding nama besar lainnya yang baru direkrut Real Madrid, Kaka dari Brasil, yang bergabung dengan klub raksasa Spanyol tersebut dari AC Milan awal Juni dengan uang transfer 65 juta euro.

Selama penjualan dua jam setelah presentasi pemain berusia 27 tahun itu di stadion Bernabeu pada 30 Juni, toko tersebut menjual 600 kaos tim Kaka atau lima kaos tim setiap menit.

Sekitar 75.000 orang menyaksikan pengenalan resmo Ronaldo, sementara pengenalan Kaka dihadiri 55.000 orang.

Ronaldo bergabung dengan Real Madrid dari Manchester United bulan Juni berdasarkan kontrak enam tahun dengan nilai transfer sekitar 94 juta euro dan ia dilaporkan akan dibayar 13 juta euro setiap musim, sehingga membuatnya menjadi pemain termahal di dunia.

Dalam wawancara yang disiarkan hari Rabu di AS, Pemain Terbaik Dunia FIFA tahun 2008 itu mengatakan jumlah uang transfernya dibenarkan.

"Sudah tentu orang dapt membayar sejumlah ini untuk saya. Saya pikir bahkan lebih. Mereka semua mengatakan tidak, tetapi saya mengatakan ya," katanya.

Real Madrid adalah klub yang berpendapatan terbesar di dunia, mengungguli Manchester United dan Barcelona, demiian menurut peringkat tahunan yang dihimpun perusahaan penasehat bisnis, Deloitte.

Klub tersebut mendapat penghasilannya antara lain dari penjualan kaos tim dan souvenir lainnya setelah klub tersebut mulai memboyong pemain-pemain terkemuka dunia seperti Zinedine Zidane dari Prancis dan David Beckham dari Inggris tahun 2000.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009