Jakarta (ANTARA News) - Para petugas dan sejumlah perangkat pada Sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) di Depag dinyatakan telah siap untuk pelaksanaan pelunasan ongkos naik haji (ONH) atau Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2009 yang mulai Senin (13/7) .

"Secara teknis seluruh persiapan telah kita lakukan, mudah-mudahan semua berjalan lancar," kata Kasubdit Pendaftaran Jemaah Haji, Depag, Cepy Supriatna, melalui telepon dengan ANTARA di Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan, setiap jemaah calon haji yang akan melunasi BPIH dipersilahkan mendatangi bank-bank tempat awal BPIH disetorkan, dengan membawa bukti asli setor awal BPIH, biaya pelunasan BPIH dan pas foto ukuran 3?4 sebanyak 5 buah.

Menurut Supriatna, bagi jemaah i calon haji yang ingin mengetahui apakah dirinya masuk porsi haji tahun 2009, mereka dapat mencari informasi di bank-bank tempat setoran awal BPIH.

"Kami telah mengirim data jemaah calon haji yang berhak melunasi ke bank-bank penerima pelunasan BPIH," ia menjelaskan.

Menyangkut kurs US dollar untuk penyetoran BPIH, pihaknya menggunakan kurs tengah nilai tukar USD ke Rupiah yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) setiap hari.

"Biasanya kita menerima kurs tengah BI ini, setiap harinya sekitar jam 10-an WIB, otomatis jemaah baru bisa melunasi BPIH setelah jam tersebut, untuk Indonesia Tengah Jam 11 dan Indonesia Timur jam 12-an," jelasnya.

Dikemukakannya, bagi jemaah calon haji yang telah melunasi BPIH, selanjutnya mendaftarkan diri di Kantor Dep.Agama Kabupaten/Kota tempat jemaah berdomisili, paling lambat 1 minggu setelah pelunasan BPIH dilakukan.

"Saat pendaftaran ke Kantor Depag tersebut jemaah akan memperoleh buku manasik, jadwal manasik, dan informasi yang terkait dengan pembuatan paspor haji, serta info-info lainnya," tambahnya.

Soal paspor jemaah calon haji 2009, kata dia, Depag dan Imigrasi saat ini sedang melakukan pembahasan dan penyiapannya secata intesif. "Secara teknis pelaksanaannya, akan kami informasinya kepada semua jemaah calon haji," ucapnya

Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2009/1430H untuk embarkasi Aceh 3.243 USD, Medan 3.333 USD, Batam 3.376 USD, Padang 3.329 USD, Palembang 3.377 USD, Jakarta 3.444 USD, Solo 3.407 USD, Surabaya 3.512 USD, Banjarmasin 3.508 USD, Balikpapan 3.544 USD, Makassar 3.575 USD. BPIH seluruh embarkasi tersebut ditambah dengan komponen rupiah sebesar Rp 100.000 untuk biaya asuransi jemaah haji.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009