Depok (ANTARA News) - Indonesia yang diwakili oleh tim Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih dua medali emas, dua perak, dan 14 perunggu dari enam cabang kejuaraan olahraga antar-universitas di Asia, Triennial Intercasity Games (TIG).

"Ini merupakan prestasi yang membanggakan," kata Deputi Direktur Kantor Komunikasi UI, Devie Rahmawati, di Depok, Jawa Barat, Senin.

Ia mengatakan, perolehan medali emas berasal dari cabang badminton beregu putera dan renang gaya kupu-kupu 50 m. Medali perak diraih dari cabang renang, sedangkan perunggu dari badminton beregu putri, renang, tenis meja, dan atletik.

Dalam kejuaraan itu UI mengikuti enam cabang olahraga yaitu renang, tenis, tenis meja, bulu tangkis, atletik serta bola basket,

Kompetisi dua tahunan yang berlangsung 8 hingga 11 Juli 2009 ini memiliki sejarah panjang di Asia. Digagas pada 1950 oleh Indonesia (Universitas Indonesia), Malaysia (Universitas Malaya), Singapura (NUS) dan Hongkong (HKU), awalnya TIG merupakan pertandingan yang dilangsungkan setiap tiga tahun sekali.

Pada tahun 2009 ini negara lain selain empat negara penggagas yang turut serta ialah Cina yang diwakili oleh Macau University dan Korea yang diwakili oleh Pusan University.

Untuk penyelenggaraan TIG dua tahun mendatang Indonesia direncanakan akan menjadi tuan rumah dari pelaksanaan TIG pada tahun 2011.

"Kita telah menyatakan siap untuk menggelar pesta olahraga antar mahasiwa tersebut," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009