Surabaya,(ANTARA News) -Juli 2009,akan menjadi momen paling penting dan terindah bagi kehidupan pribadi pebulu tangkis tunggal putra Pelatnas, Sony Dwi Kuncoro.

Tepat pada 25 Juli 2009, putra pasangan Sumadji dan Asmiati ini akan melangsungkan pernikahan dengan gadis asal Surabaya, Gading Savitri, yang telah dipacarinya sejak masih di bangku SMA.

Pesta pernikahan itu akan digelar besar-besaran di Graha Samudera Komplek Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Bumimoro, Surabaya, dan dihadiri ribuan undangan, termasuk tamu-tamu penting.

Sony yang ditemui usai berlatih di Klub Jaya Raya Suryanaga Surabaya, Senin, mengaku pernikahan ini sudah direncanakan sejak lama, namun karena padatnya jadwal mengikuti berbagai turnamen internasional, rencana besar itu baru bisa dilaksanakan tahun ini.

Padahal, pemain kelahiran Surabaya pada 7 Juli 1984 itu, juga sedang berkonsentrasi menghadapi kejuaraan dunia 2009 yang berlangsung di Hyderabad, India, pada 10-16 Agustus mendatang.

"Pacarannya sudah lama banget, sebelum saya masuk pelatnas. Mudah-mudahan setelah menikah nanti, semangat dan motivasi saya dalam bermain lebih meningkat," kata pemain binaan Klub Suryanaga Surabaya itu.

Juara Asia 2005 dan Indonesia Super Series 2008 itu, membantah anggapan bahwa prestasi atlet cenderung menurun, setelah menikah dan berkeluarga.

"Anggapan itu tidak selamanya benar. Banyak atlet yang prestasinya semakin bagus, justru setelah menikah. Apalagi usia saya juga masih muda dan kesempatan meraih prestasi masih cukup panjang," katanya.

Ia menyebut beberapa mantan pemain Pelatnas, seperti Tony Gunawan, Candra Wijaya, Flendy Limpele, dan Taufik Hidayat, yang masih bisa berprestasi, kendati sudah berkeluarga.

Sony enggan bercerita banyak soal calon istrinya, Gading Savitri. Namun, atlet terbaik 2005 pilihan Siwo PWI Jatim itu, menilai calon pendampingnya itu memiliki andil besar dalam perkembangan kariernya, selain kedua orang tua dan pelatihnya.

"Dia selalu memberi `support` kepada saya dalam berbagai kesempatan. Rencananya setelah menikah, saya akan memboyong dia tinggal di Jakarta, biar nanti bisa mendampingi terus," tambahnya.

Sebagai pebulu tangkis yang mengawali karier sejak usia delapan tahun, Sony Dwi Kuncoro telah merengkuh berbagai gelar juara turnamen internasional dan mengharumkan nama Indonesia.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009