Jakarta (ANTARA News) - Sosialisasi mengenai perdagangan saham di Indonesia masih sangat minim, akibatnya minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal menjadi rendah.

Pendidikan soal saham seharusnya mulai diperkenalkan di sekolah dasar (SD) agar ada ketertarikan sehingga ketika dewasa tak asing lagi dengan dunia pasar modal.

"Untuk anak SD, pelajaran pasar modal mungkin masih agak sulit, tetapi tidak menutup kemungkinan karena anak zaman sekarang sudah pintar-pintar seiring perkembangan teknologi. Karena di luar negeri itu pasar modal sudah diperkenalkan sejak dini, kita contoh kesana," kata Dirut I-Capital Internasional Lucky Bayu Purnomo di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, praktisi saham dapat menjadi guru tamu di sekolah dasar atau SMP untuk mengenalkan pasar saham, sehingga pada saat murid menjadi mahasiswa sudah dapat menganalisanya.

Perkembangan pasar modal di suatu negara mencerminkan perekonomian negara tersebut. Di negara yang ekonominya sudah maju, pasti pasar saham dan pasar uangnya maju, seperti di Amerika," tuturnya.

Direktur Pengembangan Usaha BEI, Frederica Widyasari Dewi mengatakan, Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana memberikan program pendidikan pasar modal ke dalam kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Umum (SMU).

Selama ini, pengenalan masyarakat terhadap pasar modal sangat minim, katanya.

Frederica menambahkan, dalam rangka menggaet 2 juta investor dari rata-rata penduduk Indonesia dalam tiga tahun ke depan, pihak bursa efek sedang menggalang kerjasama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

"Target awal pendidikan pasar modal ini akan dimasukan ke dalam kurikum SMU. Pertimbangan masuk ke dalam kurikum SMU agar anak didik diberi bekal dan mengenal seluk-beluk pasar modal dengan lebih baik. Dengan itu pasar modal akan semakin di kenal masyarakat bawah, kata Frederica.

Perkembangan bursa di dunia saat ini menuju ke arah online trading, dalam online trading setiap orang bertindak sebagai broker bagi dirinya sendiri, karena dapat mengeksekusi jual dan beli saham secara online dan real time.

Selain itu, dapat juga menganalisis chart secara online, membaca updated news atau rumors. Singkatnya online trading memberikan kita fasilitas berinteraksi langsung dengan floor bursa secara real time.

Menurut dia, online trading adalah kunci perdagangan transaksi di bursa, yang salah satu fungsinya adalah meningkatkan likuiditas. Kendati kontribusi online trading ke perdagangan di bursa belum terhitung, katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009