AirJordan 1s pecahkan rekor lelang sepatu kets

AirJordan 1s pecahkan rekor lelang sepatu kets

sepasang sepatu usang milik Michael Jordan yang dilelang oleh Sotheby's dan terjual Rp8,3 miliar atau 560.000 dolar. (ANTARA/Reuters/ HO Sotheby's)

Jakarta (ANTARA) - AirJordan 1s, sepatu kets usang yang pernah dikenakan Michael Jordan laku terjual hingga 560 ribu dolar atau sekira Rp8,3 miliar dalam lelang daring yang digelar oleh rumah lelang Sotheby's pada Minggu (17/5) waktu setempat.

Reuters melaporkan bahwa pada awalnya sepatu ini diharapkan terjual antara 100 ribu hingga 150 ribu dolar, namun penjualan ini ternyata melampaui harapan bahkan memecahkan rekor penjualan sepatu kets berharga yang pernah dilelang oleh Sotheby's.

AirJordan 1s, dirancang khusus untuk Jordan pada tahun 1985 dan merupakan sepatu kets pertama yang dibubuhi tanda tangan oleh Jordan.

"Kami melihat penawaran luar biasa hingga saat penjualan ditutup, dengan nilai lebih dari dua kali lipat pada jam terakhir saja," kata Brahm Wachter, direktur pengembangan eCommerce Sotheby.

Baca juga: Sepatu Michael Jordan musim debut laku dilelang Rp8,2 miliar

Baca juga: Eminem lelang Air Jordan 4 Retro untuk donasi corona


"Itu ditambah dengan penawaran internasional yang kuat dari enam negara di empat benua yang menunjukkan tidak hanya menunjukkan daya tarik dari sepatu Michael Jordan, namun juga menunjukkan bahwa koleksi sepatu sneaker benar-benar merupakan pasar global dan berkembang," tambah Wachter.

Sotheby's dikenal sebagai rumah lelang yang menjual karya seni bernilai jutaan dolar.

Namun Sotheby's pada tahun lalu mengadakan lelang pertama yang didedikasikan sepenuhnya untuk sepatu kets yang dinilai berharga, kemudian mencetak rekor dunia sebesar 437.500 untuk sepasang sepatu lari 1972 Nike yang dikenal sebagai "Moon Shoe".

Seperti kebanyakan sepatu basket Jordan, pasangan sepatu ini tidak cocok antara bagian kiri dan kanan, mengingat Jordan memiliki ukuran kaki kiri 13 dan ukuran kaki kanan 13,5.

Lelang ini bertepatan dengan peringatan 35 tahun merek Air Jordan dan pemutaran film dokumenter ESPN dengan10 episode "The Last Dance" tentang Chicago Bulls dan Jordan. Dua episode terakhir dari acara ini akan tayang pada hari Minggu pekan depan.

Baca juga: Film dokumenter anyar Michael Jordan curi perhatian para penggemar NBA

Baca juga: Kisah Kobe Bryant akan dibuat film atau serial dokumenter

Baca juga: Gitar akustik "MTV Unplugged" Kurt Cobain dilelang

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar