Mungkin pandemi ini mengajarkan kita supaya tertib, kemudian supaya kita tidak hidup seenaknya
Jakarta (ANTARA) - Rohaniwan sekaligus tokoh agama Romo Franz Magnis Suseno mengatakan pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini mengajarkan masyarakat tertib menjaga kesehatan dari berbagai ancaman penyakit.

"Mungkin pandemi ini mengajarkan kita supaya tertib, kemudian supaya kita tidak hidup seenaknya," kata dia melalui konferensi video yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Romo Franz: Tingkatkan solidaritas agar terbebas COVID-19

Tertib menjaga kesehatan tersebut merujuk kepada penggunaan masker, rajin mencuci tangan dan menggunakan sabun, mengatur jarak fisik dari orang lain termasuk apabila tetap ingin melaksanakan ibadah.

Selain itu, setiap individu terutama yang berada di zona merah penyebaran virus tersebut juga diharuskan atau berupaya menciptakan kondisi tertib dari aspek-aspek lainnya.

Baca juga: KSP lakukan dialog dengan tokoh agama terkait penanganan COVID-19

Menurut dia, Tuhan memberikan manusia kemampuan untuk bertanggung jawab bagi diri sendiri dan kepada orang lain sehingga tidak ada sikap yang menunjukkan ketidakpedulian dengan lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, lanjut dia, masyarakat harus taat dan patuh pada petunjuk-petunjuk kesehatan yang telah diberikan pemerintah secara terus menerus.

Baca juga: Tokoh agama dan diaspora Indonesia serukan solidaritas hadapi COVID-19

"Jika kita mengikuti petunjuk kesehatan tersebut maka kita bisa terhindar menjadi korban dari pandemi ini," kata Romo Franz.

Dalam situasi saat ini memang tidak salah apabila masyarakat khawatir, namun pada saat bersamaan juga harus optimistis bisa keluar dari pandemi COVID-19.

Baca juga: Wali Kota Depok ajak tokoh agama sukseskan PSBB

"Mari membangun solidaritas yang kokoh antara kita semua dan tidak boleh ada yang ditinggalkan," katanya.

Hingga Kamis (21/5) pukul 16.05 WIB tercatat sebanyak 20.162 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Kemudian 14.046 sedang dirawat, 4.838 jiwa sembuh dan 1.278 orang meninggal dunia.

Baca juga: Wagub Lampung ajak tokoh agama cegah penularan COVID-19

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020