Ottawa,(ANTARA News) - Leo Obstbaum, perancang medali dan maskot Olimpaide Vancouver 2010 meninggal mendadak dalam usia 40 tahun, demikian diumumkan di Ottawa, Senin.

Penyebab kematian Obstbaum di kampung halamannya Kamis petang hingga kini masih belum diketahui, demikian dikutip dari AFP.

Sebagai direktur perancang medali dan maskot pada pesta olahraga itu, Obstbaum memimpin satu tim untuk membuat medali Olimpade musim dingin 2010, termasuk obor dan maskotnya.

"Leo seolah berada dimana-mana, di setiap warna, di setiap bentuk dan di setiap apa pun yang nanti kelihatan pada Olimpiade Vancouver 2010," kada kepala panitia penyelenggara John Furlong dalam pesan kepada para stafnya, yang juga dikirimkan ke AFP.

"Leo memimpin dan mempengaruhi berbagai rancangan pada model Winter Games 2010," katanya.

Obstbaum lahir di Buenos Aires pada 1969, tetapi besar di Barcelona, tempat ia pertama kali membangun studio yang menciptakan berbagai kostum untuk teater, bioskop dan untuk ulang tahun ke-10 Olimpiade Barcelona.

Obstbaum pindah ke Vancouver pada 2005 setelah mengunjunginya untuk berbulan madu, tetapi akhirnya ia "jatuh cinta" pada kota itu, kata panitia Olimpiade dalam laman mereka.

Ia bergabung dengan panitia Olimpiade 2010 tahun berikutnya.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009