Ratusan rumah di Banyumas tergenang banjir akibat tanggul jebol

Ratusan rumah di Banyumas tergenang banjir akibat tanggul jebol

Genangan banjir di Desa Prembun, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akibat tanggul Sungai Ijo jebol di Desa Buniayu, Minggu (31/5/2020). ANTARA/HO-Tagana Banyumas/am.

... tanggul jebol tersebut berdampak terhadap 265 rumah warga di Desa Prembun, Kecamatan Tambak, karena tergenang banjir dengan tinggi genangan airnya bervariasi.
Banyumas (ANTARA) - Sekurangnya 265 rumah warga di Desa Prembun, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tergenang banjir akibat jebolnya tunggul Sungai Ijo di Dusun Buniayu Guntur, Desa Buniayu.

Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas Ady Candra di Banyumas, Minggu mengatakan hujan lebat yang terjadi sejak Sabtu (30/5) sekitar pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanggul Sungai Ijo di Desa Buniayu, Kecamatan Tambak, Banyumas, jebol dengan lebar 30 meter dan tinggi 3 meter.

Menurut dia, tanggul jebol tersebut berdampak terhadap 265 rumah warga di Desa Prembun, Kecamatan Tambak, karena tergenang banjir dengan tinggi genangan airnya bervariasi.

Terkait dengan kejadian tersebut, Ady mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas bersama Tagana Banyumas, TNI/Polri, Pramuka Peduli, dan instansi terkait lainnya serta masyarakat akan segera bergotong royong memperbaiki tanggul Sungai Ijo yang jebol di Desa Buniayu.
Baca juga: Air meluap, tanggul Sungai Angin di Banyuma jebol
Baca juga: Tanggul Sungai Bendo Krosok jebol membuat puluhan rumah kebanjiran


"Hujan lebat yang terjadi Sabu (30/5) malam juga megakibatkan tanggul Sungai Angin jebol di Grumbul Karet, Kelurahan Sumpiuh, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas, pada pukul 23.30 WIB," katanya.

Ia mengatakan jebolnnya tanggul tersebut mengakibatkan 6 rumah warga dan 1 gedung pendidikan anak usia dini (PAUD) di Grumbul Karet RT 03 RW 04, Kelurahan Sumpiuh, tergenang banjir dengan tinggi genangan air mencapai lutut orang dewasa.

Menurut dia, genangan banjir di Grumbul Karet RT 03 RW 04 itu surut pada hari Minggu (31/5), pukul 05.00 WIB.

"Kami bersama personel BPBD Banyumas, TNI/Polri, Pramuli, dan instansi terkait lainnya serta warga setempat telah bekerja bakti melakukan penanganan darurat terhadap tanggul yang jebol itu dengan memasang puluhan karung berisi pasir," katanya.
Baca juga: 150 kepala keluarga mengungsi akibat tanggul sungai jebol di Bekasi
Baca juga: Tanggul sungai di Kudus jebol lagi sepanjang 10 meteran

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar