Dosen Unand semangati mahasiswa yang akan ujian lewat video kolaborasi

Dosen Unand semangati mahasiswa yang akan ujian lewat video kolaborasi

Dosen Jurusan Teknik Sipil Unand membuat video kolaborasi lagu untuk menyemangati mahasiswa yang akan melaksanakan ujian semester. (Antara/Unand)

Ini merupakan dukungan sosial kami para dosen kepada mahasiswa di tengah pandemi COVID-19
Padang, (ANTARA) - Para dosen di Jurusan Teknik Sipil Universitas Andalas (Unand) Padang menggarap video kolaborasi lagu bertajuk Semua kan Berlalu dalam rangka mendukung dan menyemangati mahasiswa yang akan mengikuti ujian akhir semester secara daring.

"Ini merupakan bentuk dukungan sosial dari kami para dosen kepada mahasiswa di tengah pandemi COVID-19," kata Ketua Jurusan Teknik Sipil Unand Taufika Ophiyandri, PhD di Padang, Senin.

Baca juga: Survei Unand: 52 persen warga Sumbar alami penurunan pendapatan

Video kolaborasi yang melibatkan 24 orang dari 43 dosen Jurusan Teknik Sipil tersebut terdiri atas tiga bagian yaitu pembacaan puisi, menyanyikan lagu serta pemberian narasi semangat dan dukungan untuk mahasiswa.

“Tak perlu cermin untuk menggambarkan situasi sulit saat pandemi COVID-19. Semua sudah ada di depan mata, dan kita sadari sebagai salah satu ujian. Tak perlu angin untuk membisikkan bagaimana kita menghadapi. Semua sudah kita pahami,” kata dia.

Baca juga: Kiprah Laboratorium Biomedik Unand berbakti di tengah pandemi COVID-19

Video kolaborasi ditayangkan di akun youtube dan media sosial instagram.

Sejak pertengahan Maret 2020 Jurusan Teknik Sipil Unand telah melaksanakan perkuliahan secara daring dan pada minggu kedua Juni akan dilaksanakan ujian akhir semester.

Taufika mengakui sebagai institusi yang menyelenggarakan pendidikan keteknikan, perkuliahan secara daring terasa sedikit menyulitkan mulai dari pemilihan media atau platform perkuliahan hingga penyusunan bahan ajar dari dosen kepada mahasiswa.

Baca juga: Positif COVID-19, pasien di Pasaman Barat dievakuasi ke RS Unand

"Bahan ajar yang semula disusun untuk penyampaian langsung, dalam waktu relatif singkat harus diubah untuk tempat disampaikan secara daring. Belum lagi kendala kekuatan dan stabilitas jaringan internet yang tidak sama pada daerah tempat tinggal mahasiswa," ujarnya.

Padahal menurutnya keilmuan teknis tidak bisa hanya didapatkan dari perkuliahan daring, namun juga melalui serangkaian praktikum, kerja praktek yang untuk sementara ditunda pelaksanaannya selama pandemi.

Baca juga: Unand terima 1.910 mahasiswa melalui jalur SNMPTN 2020

Dari hasil survei pelaksanaan perkuliahan daring yang dilaksanakan secara internal oleh Jurusan Teknik Sipil Universitas Andalas kepada mahasiswa menunjukkan kendala utama adalah adanya biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa untuk membeli paket data serta kesulitan akses internet/sinyal.

"Perubahan pola pembelajaran ini tentunya mempengaruhi kondisi psikis mahasiswa memunculkan berbagai emosi negatif seperti bosan, cemas, gelisah, malas dan sebagainya sehingga kami berinisiatif membuat video motivasi," kata dia.

Baca juga: ACT Padang, mitra-alumni FK Unand serahkan 114 APD bagi RSUP M Djamil
 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar