Jakarta (ANTARA News) - Pusat Pengendalian Operasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) mencatat, hingga Kamis pukul 15.00 WIB, korban meninggal dunia akibat gempa di sebagian wilayah Jawa Barat, Rabu kemarin, bertambah menjadi 57 orang.

Seperti dimuat laman resmi BNPB, Kamis, rinciannya adalah 21 orang di Kabupaten Cianjur, 10 orang di Kabupaten Garut, dua orang di Kabupaten Sukabumi, sembilan di Kabupaten Tasikmalaya, delapan di Kabupaten Bandung, seorang di Kabupaten Bandung Barat, dua di Kabupaten Bogor, dan empat orang di Kabupaten Ciamis.

Selain menimbulkan korban jiwa, gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang berpusat di 142 km barat daya Tasikmalaya itu juga menyebabkan rusaknya infrastruktur daerah.

Menurut data BNPB, jumlah rumah yang roboh/rusak berat adalah 11.039 unit, rusak sedang 15 unit dan rusak ringan 13.464 unit.

Kerusakan rumah dilaporkan di 10 kabupaten dan kota di Jawa Barat, yaitu Cianjur, Garut, Sukabumi, Tasikmalaya, Bandung, Bandung Barat, Bogor, Kuningan, Ciamis dan Kota Banjar) serta Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah.

Sementara jumlah pengungsi tercatat 3.118 orang, masing-masing Tasikmalaya (450 orang), Kabupaten Kuningan (180 orang), Kabupaten Ciamis (100 orang) dan Kabupaten Cilacap (2.388 orang). (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009