London (ANTARA News/AFP) - Pembalap Inggris Raya Mark Cavendish hari Rabu memastikan bahwa dia mengundurkan diri dari kejuaraan dunia jalan raya di Mendrisio, Swiss.

Pembalap sepeda berusia 24 tahun itu menderita infeksi pernapasan dan juga masih terpengaruh oleh kecelakaan yang dia alami di jalan raya yang juga membuat rekan senegaranya Jonny Bellis kritis di rumah sakit di Italia. Tempatnya akan beralih pada Ian Stannard.

Dengan 10 kemenangan Tur, termasuk rekor Inggris Raya merebut enam kali juara di Tur Prancis, dan juga kemenangan bergengsi di Milan-San Remo Classic musim ini, Cavendish memantapkan diri sebagai sprinter ternama dunia dan membantu masuk tim lengkap Inggris dengan sembilan pembalap untuk kejuaraan jalan raya yang akan digelar di Mendrisio hari Minggu.

Namun pembalap tim Columbia-HTC, yang memiliki dua gelar dunia nomor trek di Madison, sepertinya tidak akan menantang daerah Swiss yang berat.

Pembalap Skotlandia David Millar akan memimpin tim, terdiri dari lima pembalap yang akan berkompetisi untuk Team Sky pada 2010 - Stephen Cummings, Russell Downing, Chris Froome, Geraint Thomas, dan Stannard - dan juga Roger Hammond, Dan Lloyd, dan Ben Swift.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009