Karimun, Kepri (ANTARA News) - Arus balik di pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau diperkirakan mencapai puncaknya pada Sabtu pekan ini seiring akan berakhirnya liburan sekolah.

``Hari ini jumlah penumpang yang pulang (balik) dua ribu orang lebih, dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Sabtu pekan ini,`` kata Kepala Administrator Pelabuhan (Adpel) TBK, Syahrial, di TBK, Kamis.

Menurut Syahrial, perkiraan tersebut dikarenakan pada saat itu KM Kelud dari Jakarta tujuan Medan, akan singgah di TBK dan akan membawa ribuan penumpang.

``Saat ini saja mencapai dua ribu lebih baik yang naik maupun turun, apalagi ketika kapal Pelni datang. Jumlahnya bisa naik dua kali lipat`` katanya.

Berdasarkan data, lanjut dia, sejak hari H lebaran, penumpang turun cenderung lebih banyak dibandingkan yang naik.

Seperti pada H+1 (21/9), penumpang turun mencapai 2.178 orang, sedangkan yang naik hanya 1.325. Kemudian pada H+2 naik menjadi 2.488 orang, sedangkan penumpang naik turun menjadi 1.151 orang.

``Jumlah tersebut akan meningkat ketika KM Kelud tiba pada Sabtu pekan ini,`` katanya.

Pantauan lapangan, sedikitnya 60 penumpang turun dari kapal yang merapat di dermaga hampir tiap jam, bahkan kapal jurusan Batam dan Pekanbaru via Buton, Selatpanjang Riau mencapai seratus orang lebih.

"Kapal terakhir dari Batam pukul 19:00 WIB nanti,`` ujar seorang petugas posko taktis di pelabuhan TBK.

Puluhan penumpang yang berasal dari Malaysia terlihat menunggu kedatangan kapal terakhir tersebut di ruang tunggu pelabuhan.

``Kami baru tiba dari Malaysia, rencana mau pulang ke Jawa via Batam,`` kata Sumarni, calon penumpang.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009