Gorontalo (ANTARA News) - Sejumlah ruas jalan di Gorontalo mengalami kemacetan lalu lintas karena adanya tradisi perayaan ketupat yang digelar sejak pukul 07.00 WIT.

Dari Pemantauan ANTARA, Minggu pagi, warga turun ke jalanan untuk merayakan tradisi ketupat dengan menggunakan kendaraan jenis roda dua, roda empat hingga becak motor hingga berjumlah ratusan.

Perayaan ketupat tersebut merupakan tradisi masyarakat guna berkunjung ke sanak keluarganya untuk kegiatan silaturahmi.

Ribuan warga yang merayakan perayaan ketupat tersebut terpusatkan di Kabupaten Gorontalo yang meliputi wilayah Yosonegoro, Reksonegoro dan Kecamatan Bongomene.

Sementara itu, perayaan budaya masyarakat tersebut juga digelar di Kota Gorontalo yang terkonsentrasikan di Kecamatan Kota Timur Kelurahan Bugis, sedangkan di Kabupaten Bone Bolango meliputi Kecamatan Kabila dan Suwawa.

Selain bermaksud mengunjungi keluarga, saat ini ribuan masyarakat yang memadati pusat wilayah perayaan ketupat, mengikuti sejumlah kegiatan seperti perlombaan olahraga dan permainan tradisional, perayaan budaya Gorontalo, lomba pacuan kuda dan karapan sapi.

Seperti tahun sebelumnya, puncak acara perayaan ketupat tersebut diperkirakan akan terjadi pada Minggu siang.

Ribuan warga yang merayakan tradisi ketupat tersebut tidak hanya berasal dari Provinsi Gorontalo, namun sekitar 3.000 pengunjung diprediksi berasal dari Kota Manado, Bitung dan Bolmong (Sulawesi Utara), serta ratusan warga asal Palu (Sulawesi Tengah) dan Makassar (Sulawesi Selatan).(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009