Rupiah bergerak positif jelang pengumuman hasil RDG BI

Rupiah bergerak positif jelang pengumuman hasil RDG BI

Warga mengantre untuk menukarkan mata uang di salah satu gerai penukaran uang asing di Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

sentimen negatif membayangi pergerakan aset berisiko dengan sentimen kekhawatiran pasar terhadap meningginya wabah dan konflik di regional Asia
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi, bergerak positif jelang pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia.

Pada pukul 9.38 WIB, rupiah menguat 58 poin atau 0,41 persen menjadi Rp14.025 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.083 per dolar AS.

"Saya lihat tadi pagi sentimen negatif membayangi pergerakan aset berisiko dengan sentimen kekhawatiran pasar terhadap meningginya wabah dan konflik di regional Asia antara Korut, Korsel, China, dan India," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Kamis.

Sementara itu, lanjut Ariston, sentimen positif masih datang dari stimulus bank sentral AS The Fed yang besar dan rencana stimulus pemerintah AS sebesar 1 triliun dolar AS untuk infrastruktur.

"Selain itu ekonomi new normal yang baru mulai aktif di Indonesia, berpotensi menahan penurunan ekonomi di tengah pandemi," ujarnya.

Ia menuturkan rupiah juga bisa mendapatkan sentimen positif dari Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia hari ini bila terjadi pemangkasan. Kali ini konsensus analis memproyeksikan pemangkasan 25 basis poin.

"Kalau ini dilakukan, bisa memberikan sentimen positif untuk rupiah karena kebijakan ini bisa membantu meningkatkan aktivitas ekonomi," kata Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak ke kisaran Rp14.000 per dolar AS dan potensi pelemahan ke Rp14.150 per dolar AS.

Pada Rabu (17/6) lalu, rupiah menguat 7 poin atau 0,05 persen menjadi Rp14.083 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.090 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah diprediksi masih menguat dipicu kebijakan terbaru The Fed
Baca juga: Ekonom: Rupiah dan obligasi Indonesia sedang tahap pemulihan
Baca juga: Rupiah menguat tipis di tengah pelemahan mata uang kawasan

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Semester I kejati Riau selamatkan kerugian negara 109 miliar rupiah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar