Palembang (ANTARA News) - Ketua DPRD Kota Palembang yang baru terpilih, Harnojoyo (42), mengaku, sebelum terjun ke dunia politik dia sempat berternak sekaligus menjadi pedagang ayam untuk memenuhi kebutuhan keluarga setelah mengundurkan diri dari Bank Bali.

"Setelah sembilan tahun bekerja di Bank Bali, saya memilih beternak ayam untuk memenuhi kebutuhan keluarga," kata Harnojoyo, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, usaha tersebut cukup berhasil sehingga dia dapat memenuhi kebutuhan hidup istri dan anak-anaknya.

Pada tahun 2003, ketika Partai Demokrat berdiri dia bergabung dengan partai tersebut karena terkesan dengan figur Susilo Bambang Yudhoyono.

Meskipun belum berpengalaman berpartai, pada 2004 berhasil menjadi wakil rakyat.

Selama lima tahun menjadi anggota DPRD Kota Palembang, Harnojoyo yang asli dari Desa Sindang Panjang, Tanjung Sakti Kabupaten Lahat itu tidak pernah menjabat pimpinan fraksi atau komisi.

"Saya memang tidak tertarik menjadi ketua fraksi atau komisi karena memberikan kesempatan itu kepada kader partai demokrat yang lain," ujarnya.

Harnojoyo yang sampai kini masih menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Palembang menambahkan, sesuai dengan prosedur partai dia mengikuti seleksi tim sembilan untuk menjadi Ketua DPRD setempat.

Pada 23 Agustus pimpinan pusat Partai Demokrat yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal menetapkan dirinya menjadi Ketua DPRD Kota Palembang, kata pria lulusan Universitas Bandar Lampung itu.

Dalam berpolitik, Harnojoyo mengaku menganut paham politik bersih dan mengedepankan kepentingan rakyat dengan menjaga amanah dan kepercayaan konstituen.

Begitu juga kini setelah menjadi ketua dewan, dia ingin menjaga hubungan harmonis dengan pihak ekskutif untuk mengakomodir kepentingan publik, kata suami dari Silviana itu.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009