Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi menjalani uji kelayakan sebagai calon menteri perhubungan untuk Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua periode 2009-2014.

Usai diwawancarai oleh presiden terpilih periode 2009-2014 Susilo Bambang Yudhoyono di kediamannya Puri Cikeas Indah, Bogor, Senin, Freddy mengatakan ia diberi arahan untuk merevitalisasi moda transportasi.

"Pekerjaan masih tetap di sekitar kelautan juga. Arahan beliau bagaimana ke depan bisa melakukan revitalisasi masalah pembangunan pelabuhan, perhubungan, dan seterusnya," ujarnya.

Menurut Freddy yang kader Partai Demokrat itu, ia diperintahkan untuk meningkatkan pembangunan di sektor perhubungan pada pemerintahan lima tahun mendatang.

"Jadi yang lain-lain, yang penting bagaimana ditingkatkan lebih baik lagi di sektor perhubungan kita," kata dia.

Laksamana Madya (Purn.) Freddy Numberi yang lahir di Serui, Papua, 15 Oktober 1947 adalah mantan tokoh militer. Ia menjabat sebagai Gubernur Papua pada tahun 1998 setelah pensiun dari TNI-AL.

Freddy juga pernah menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara sebelum dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada tahun 2004. Freddy Numberi adalah calon menteri kelima yang menjalani uji kelayakan di Cikeas pada Senin.

Sebelumnya, Yudhoyono telah mewawancarai Duta besar tetap Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Marty Natalegawa yang diprediksi akan menjabat menteri luar negeri.

Calon kedua adalah Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro yang akan menduduki jabatan Menteri Pertahanan. Yang ketiga adalah Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad yang akan menjabat Menteri Perikanan dan Kelautan, keempat adalah mantan Ketua Komisi Empat DPR yang kader Partai Keadilan Sejahtewra (PKS) Suswono yang akan menjabat Menteri Pertanian.

Pada Senin sore, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Pajajaran Armida Alisjahbana sedang menjalani uji kelayakan.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009