Hari Bhayangkara Bareskrim umumkan pemenang Cyber Police Festival

Hari Bhayangkara Bareskrim umumkan pemenang Cyber Police Festival

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (ketiga kanan) berfoto bersama dengan Duta Anti Hoaks Arief Muhammad (ketiga kiri) dan para pemenang lomba Cyber Police Festival 2020, Jakarta, Rabu (1/7/2020). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengumumkan pemenang lomba Cyber Police Festival 2020, di Mabes Polri, Jakarta, pada Rabu bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74.

Lomba yang digelar sejak 17 Juni hingga 30 Juni 2020 itu mendorong warganet untuk menyalurkan kreativitasnya dalam bentuk konten yang terdiri dari beberapa kategori yakni foto, video pendek, esai dan infografis. Masing-masing kategori terdiri dari juara 1, 2 dan 3.

Para pemenang lomba berasal dari berbagai daerah diantaranya Demak (Jawa Tengah), Surabaya, Malang (Jawa Timur), Depok, Bekasi (Jawa Barat) dan D.I. Yogyakarta.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi diadakannya lomba ini.

Menurut dia, Cyber Police Festival 2020 dapat memberikan panduan kepada masyarakat untuk menggunakan media sosial dengan baik.

"Ini tahap awal bagaimana membuat literasi, panduan yang positif sehingga kedepannya penggunaan media sosial atau teknologi informasi ini betul-betul bisa berdampak positif," kata Sigit.

Tidak hanya menggelar lomba, Cyber Police Festival 2020 juga mengangkat pegiat media sosial Muhammad Arief Yakoeb atau Arief Muhammad sebagai Duta Anti Hoaks.

Dengan pemberian predikat Duta Anti Hoaks, diharapkan sosialisasi penggunaan internet secara bijak bisa lebih maksimal.

"Saya apresiasi kepada panitia Dittipidsiber, para peserta dan tentunya dewan juri yang telah bekerja. Diharapkan ke depan penggunaan media sosial semakin baik," tutur jenderal bintang tiga ini.

Penyelenggaraan lomba Cyber Police Festival 2020 merupakan satu dari rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke 74.

Selama sebulan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara, Polri menggelar bakti sosial seperti rapid test, donor darah dan layanan pembuatan dan perpanjangan SIM gratis bagi warga yang lahir 1 Juli.

Selain itu Polri juga menyalurkan 600 ribu paket sembako dan alat-alat kesehatan untuk masyarakat di seluruh Indonesia.

Sementara puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-74 dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu pagi serta disiarkan live streaming dari Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Baca juga: Hari Bhayangkara, Kapolri minta maaf bila kinerja Polri belum maksimal

Baca juga: Hari Bhayangkara, Mahfud minta Polri tetap terbuka terhadap kritik

Baca juga: Gubernur apresiasi kinerja Polda Jabar dalam penanganan COVID-19

Baca juga: Hari Bhayangkara, Puan beri tumpeng ke anggota polantas

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar