Kemarin, sinyal maskapai bangkrut hingga Jokowi tagih Tol Cisumdawu

Kemarin, sinyal maskapai bangkrut hingga Jokowi tagih Tol Cisumdawu

Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. ANTARA/Aji Cakti/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (7/7) kemarin, mulai dari Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra yang mengungkapkan sinyal kebangkutan maskapai nasional hingga Presiden Joko Widodo menagih penyelesaian Tol Cisumdawu untuk mempercepat akses ke Bandara Kertajati, Jawa Barat.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Dirut Garuda ungkapkan sinyal kebangkrutan maskapai nasional Direktur Utama Maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyebut sinyal kebangkrutan maskapai nasional akibat pandemi COVID-19 yang sudah dialami lebih dulu oleh maskapai di sejumlah negara.

“Bapak Ibu mengetahui juga banyak maskapai yang menyatakan kebangkrutan. Di dekat kita ada Thai Airways. Jadi enggak usah terlalu kaget kalau dalam waktu dekat ada maskapai di Indonesia yang tidak tahan lagi,” kata Irfan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini


2. Sri Mulyani sebut pandemi COVID-19 momentum reformasi dengan teknologi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa masa krisis akibat pandemi COVID-19 merupakan waktu yang tepat untuk melakukan berbagai reformasi dengan memanfaatkan teknologi.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani dalam webinar yang diadakan oleh Bank Dunia mengenai pengalaman Indonesia terkait respon krisis dan perbaikan pasca pandemi COVID-19.

Baca selengkapnya di sini

 

3. KAI surati Anies agar SIKM dihapus PT Kereta Api Indonesia telah menyurati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menghapus ketentuan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) sebagai syarat memasuki wilayah ibu kota, dalam hal ini dengan menggunakan kereta api.

“Kami hari ini berkirim surat kepada Gubernur DKI Jakarta karena kami diinstruksikan oleh Menhub untuk menjalankan KA Parahyangan dari Bandung. Kalau itu kami operasikan dengan SIKM bagaimana keadaannya? Akan sulit bagi kami. Di stasiun akan banyak turun tapi bagaimana kalau SIKM tidak diindahkan,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam Rapat Dengan Pendapat dengan Komisi X di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

 

4. OJK: Penjaminan kredit modal kerja UMKM bakal percepat pemulihan UMKM

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan bahwa program penjaminan Kredit Modal Kerja (KMK) akan mempercepat pemulihan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kami dukung ini. Diharapkan program penjaminan ini akan mempercepat pulihnya kembali sektor UMKM," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam peluncuran program penjaminan KMK UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

5. Percepat akses Kertajati, Jokowi tagih penyelesaian tol Cisumdawu

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempertanyakan terhambatnya progres pembangunan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), mengingat pentingnya realisasi proyek ruas tol yang akan menguhubungkan akses ke Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka itu.

“Ini jalan tol penting sekali tapi terhambat. Coba saya nanti ingin dengar masalah ini dan agar diselesaikan, terutama dari Kementrian ATR/BPN,” kata Presiden dalam rapat terbatas dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Garuda Indonesia gunakan HEPA cegah potensi penularan COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar