Wagub minta pemerataan bantuan di Luwu Utara

Wagub minta pemerataan bantuan di Luwu Utara

Wagub Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman saat meninjau lokasi banjir bandang di Masamba, Luwu Utara.ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meminta pemerataan penyaluran bantuan bagi masyarakat korban banjir bandang di Masamba, Luwu Utara.

Andi Sudirman Sulaiman kembali mengunjungi lokasi banjir bandang dan memberikan arahan kepada pimpinan Posko, khususnya penegasan koordinasi titik bantuan.

"Bantuan semestinya termanajemen dengan baik, kita perlu data dan pemetaan yang rapi untuk menghindari pembagian bantuan tidak merata," katanya.

Baca juga: Tim SAR temukan lagi tiga jenazah korban banjir Luwu Utara

Baca juga: Pertamina salurkan bantuan satu ton beras di Luwu Utara


"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri, Pemda Lutra, agar semua relawan membawa bantuan dalam dua titik pusat arah dari Palopo dan Lutim sebagai posko Induk," ujarnya.

Ia mengaku bantuan langsung ke tenda-tenda pengungsi oleh relawan, kadang menumpuk di satu tempat dan kosong di tempat lainnya.

"Kita percayakan kepada tim terpadu TNI/Polri, pemda saja bantuan bisa didrop langsung ke posko induk, nanti tim terpadu yang ada lakukan pendistribusian dan terjadwal. Tim terpadu akan menyisir sampai pelosok dan terpencil yang tidak terakses dengan motor trail," tegasnya.

Hal tersebut, kata dia, sangat dibutuhkan, sehingga bantuan yang datang, merata kepada seluruh masyarakat yang terkena dampak banjir bandang sampai masyarakat yang terisolir karena akses.

"Posko induk memiliki data yang tepat sasaran, terkontrol secara harian dan sebaiknya seluruh bantuan disalurkan terpusat di posko induk," jelasnya.

Baca juga: GTPP: Nakes pelayanan bencana Luwu Utara harus diproteksi dengan APD

Wagub Sulsel mengapresiasi kepedulian berbagai pihak yang bahu-membahu membantu masyarakat yang dilanda banjir bandang di Lutra, baik dari unsur pemerintahan, swasta, organisasi, kepemudaan, serta lainnya.

"Kami sangat mengapresiasi antusiasme aktivitas peduli kemanusiaan kepada saudara kita yang terkena dampak banjir bandang di Masamba," katanya.

Pada Selasa, 14 Juli 2020, Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendatangi dua titik banjir di Kecamatan Baebunta. Mengingat kala itu akses jalan masih sulit dilewati, terlebih listrik masih padam. Ia juga membawakan bantuan kepada pengungsi.

Tidak hanya di Kabupaten Lutra, bantuan dari orang nomor dua di Sulsel ini pun menyasar hingga Kabupaten Luwu dan Wajo. Kedua daerah itu juga dilanda banjir.

Baca juga: Polres Luwu Timur kerahkan personel ke lokasi banjir Luwu Utara

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bantuan presiden untuk korban banjir bandang Masamba

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar