Madinah (ANTARA News) - Seorang jemaah calon haji, La-Ruma bin Kante (pemegang paspor T604324) tewas dan enam lainnya mengalami luka-luka akibat ambulans yang membawa mereka dari Madinah menuju Mekah, terbalik di dekat kota Jeddah, Minggu sore.

Dokter Hasto Nugroho dari Balai Pengobatan Haji Indonesia Jeddah (BPHI) mengungkapkan, yang mengalami luka-luka patah tulang yakni dr Dedy Novizar, perawat Musriatun, pengemudi ambulans Ahmad Ibrahim dan tiga pasien calhaj yakni Murtamat (paspor T765907), Misinah (T765919) dan Basirun (T764229).

Menurut dr Hasto, semula ambulans dengan penumpang dokter dan perawat tersebut mendampingi keempat pasien yang akan dirujuk di rumah sakit di Mekah.

Korban segera dilarikan ke Rumah Sakit Al-Jawaz yang berada di jalan raya antara Jeddah dan Mekah. La-Ruma adalah pasien BPHI Madinah yang mengidap penyakit paru-paru.

Dengan meninggalnya La-Ruma bin Kante akibat kecelakaan, sudah tercatat 49 calon jemaah haji Indonesia yang meninggal di tanah suci, sebagian besar akibat penyakit jantung (cardiac arrest), selebihnya karena sesak nafas (respiratory arrest ) dan pendarahan otak.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009