Jakarta (ANTARA News) - Anastasia Emmanuelle Susan Meilani Bachtiar atau Susan Bachtiar (36) berbagi tips sehat dengan peserta seminar awam tentang tatalaksana kolesterol terkait penyakit jantung yang diselenggarakan di Jakarta, Senin.

Pembawa acara, model, dan bintang film yang mengawali karir dari pemilihan gadis sampul majalah mode itu mengaku tidak berpantang makan supaya tetap sehat.

"Saya makan apa saja, masakan Padang saya juga sangat suka. Menurut saya itu bukan masalah, makan apa saja tidak akan menimbulkan masalah selama tidak berlebihan," kata Duta Yayasan Jantung Indonesia itu.

Guru bahasa Inggris yang hobi membaca, dan jalan-jalan itu juga suka berolah raga. Ia mengatakan, supaya badan tetap sehat sebaiknya berolahraga 30 menit sehari, paling tidak tiga kali seminggu biar tetap sehat.

"Kalau tidak punya banyak waktu untuk olah raga, kita bisa melakukan aktifitas fisik di sela atau bersamaan dengan kegiatan harian kita. Misalnya saja dengan memilih jalan kaki untuk menjangkau tempat yang tak begitu jauh, atau memilih naik tangga beberapa lantai dibanding naik lift," katanya.

Dan yang tak kalah penting, kata Susan, meninggalkan kebiasaan merokok.

Alumni Unika Atma Jaya Jakarta itu tak hanya menerapkan kebiasaan sehat tersebut pada dirinya, tapi juga menularkannya kepada orang lain termasuk ibu dan suaminya Sunardi Supangat.

"Ibu saya termasuk gemuk, kepadanya saya selalu bilang, kalau ke pasar jalan kaki saja karena dekat, kalau cuma naik satu atau dua lantai naik tangga saja," katanya.

Dia juga terus-menerus membujuk sang suami supaya berhenti merokok. "Saya selalu bilang, masa suami duta Yayasan Jantung masih merokok, syukur sekarang sudah berkurang," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009