Mamuju (ANTARA News) - Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) melakukan sosialisasi pemanfaatan pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM-Mandiri) di Mamuju ibukota Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Dalam pelaksanaan sosialisasi yang berlangsung, Jum`at, di Hotel Anugera, Mamuju, dihadiri Kasi Pemetaan dan Media Massa Depkominfo RI, Drs. Ginting yang juga bertindak selaku pemateri yang diikuti sekitar 20 orang peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, LSM dan kelompok informasi komunikasi yang ada di wilayah itu.

Menurut Ginting, kegiatan sosialisasi ini juga sekaligus untuk melakukan evaluasi pemanfaatan PNPM-Mandiri yang telah dilaksanakan selama ini.

"PNPM-Mandiri yang menjadi salah satu program yang dicanagkan pemerintah itu berguna untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka pencapaian percepatan pembangunan khususnya di wilayah daerah tertinggal," kata dia.

Ia mengatakan, program ini juga dilaksanakan dan dimonitor langsung oleh masyarakat setempat, sehingga diharapkan melalui program itu benar-benar bermanfaat untuk masyarakat yang ada di daerah tersebut.
Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga sekaligus untuk membuat sebuah rumusan dalam menyusun strategi dalam melakukan sosialisasi PNPM-Mandiri untuk tahun 2010 mendatang, sehingga nantinya program ini menghasilkan rumusan teknik yang akurat dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan PNPM-Mandiri dimasa kini dan yang akan datang.

"Kegiatan ini setidaknya bisa mendapatkan sebuah rumusan yang bijak dan profesional untuk dijadikan dasar dalam melaksanakan program ini sehingga nantinya bermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas," tutur Ginting.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009