Tokyo (ANTARA News/AFP) - Pelatih Jepang Takeshi Okada menyatakan bahwa target semifinal tim asuhannya di Piala Dunia tahun depan tetap tak berubah tak peduli siapa pun yang menghadangnya, kata laporan-laporan, Jumat.

"Tidak ada yang akan berubah," katanya kepada media Jepang, Kamis, ketika ia mengumumkan kepada wartawan daftar lengkap 32 tim yang lolos ke Piala Dunia 2010 dan ditanya apakah ia masih tetap pada target ambisisius itu.

Atas pertanyaan negara mana yang ingin dihindari Jepang, mantan juara Asia, di Afrika Selatan 2010, ia mengatakan," Saya tidak memikirkannya sama sekali."

"Kami lebih kuat sebagai tim dan bergerak maju sedikit demi sedikit tahun lalu," kata pelatih itu. "Kami mungkin tidak tampak brilian, tetapi kami mempunyai kekuatan lebih stabil," katanya.

Okada kembali ke tanah airnya setelah Jepang mengalahkan Hong Kong 4-0 dalam pertandingan tandang kualifikasi Piala Asia, Rabu, saat Aljazair, Prancis, Yunani, Portugal, Slovenia, dan Uruguay menjadi rombongan terakhir yang lolos ke putaran final Piala Dunia.

"Di Eropa dan Amerika Selatan, negara-negara kuat (sepak bola) lolos seperti yang diduga. Saya kira turnamen itu akan merupakan kompetisi yang hebat," kata Okada, yang membawa Jepang melakukan debutnya di Piala Dunia tanpa menang di Prancis 1998 dalam kedudukannya sebagai pelatih nasional.

Target Piala Dunianya secara luias dipandang sebagai tidak realistis, karena hasil terbaik Jepang selama ini adalah 16 besar di Piala Dunia 2002, yang diselenggarakan secara bersama oleh Jepang dan Korea Selatan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009